DBL Indonesia dan KFC Umumkan KFC DBL Camp 2023

| Penulis : 

Honda DBL bersama KFC terus konsisten dan berkomitmen menjadi wadah dan panggung pengembangan potensi bagi para student-athlete di Indonesia. Sebagai official partner baru liga untuk musim 2022-2023, KFC mendukung secara total liga basket pelajar terbesar di Tanah Air ini.

Bertepatan pada press conference Kamis (17/11), DBL Indonesia bersama KFC mengumumkan penyelenggaraan KFC DBL Camp 2023 pada bulan Mei tahun depan yang kemudian dilanjutkan dengan memilih 12 nama pemain terbaik untuk dinobatkan sebagai KFC DBL Indonesia All Star 2023. Nantinya, mereka akan belajar dan bertanding ke Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2023.

Sebelum itu, dari setiap 30 kota yang tersebar di 22 provinsi, akan dipilih masing-masing lima pebasket putra dan putri, serta pelatih terbaik yang menyandang sebagai KFC First Team. Khusus pada seri DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat juga dipilih lima pebasket putra dan putri sebagai KFC Second Team.

Total ratusan student-athlete terpilih itulah yang nantinya akan digembleng pada KFC DBL Camp 2023. Ratusan campers (sebutan peserta) akan mengikuti agenda pelatihan untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan fundamental basket lebih mendalam. Dilatih oleh para pelatih top kaliber dunia. Dipimpin langsung oleh legenda basket Timnas Australia Andrew Vlahov serta Shane Froling dari World Basketball Academy (WBA) Australia.

"Adanya DBL sebagai wadah membantu anak muda yang tampil di berbagai kota, kami mengerucutkan lagi anak muda lebih tampil di 30 kota menjadi lima pemain putra dan putri terbaik dari Aceh hingga Papua yang kemudian kami beri gelar KFC First Team yang jumlahnya sekitar 300 orang yang akan kami terbangkan ke satu tempat yang sama. Mereka akan menjalani proses seleksi DBL Camp, disana mereka akan memperebutkan 12 tiket putra dan putri untuk kami beri gelar KFC DBL Indonesia All Star," ucap Direktur DBL Indonesia, Masany Audri.

Masany percaya bahwa kesuksesan DBL tidak serta merta lepas dari peran banyak pihak. Lahirnya talenta-talenta muda yang tampil di DBL, bagi Masany merupakan suatu prestasi yang berhasil ditoreh. Ia berharap bahwa setiap talenta yang muncul dapat dilihat dan dijadikan pilihan dalam membela timnas.

"Saya percaya kesuksesan kami disertai peran banyak pihak. Lahirnya talenta-talenta yang tampil di DBL merupakan suatu prestasi bagi kami. Saya berharap, dari sekitar 40 ribu siswa yang tampil bisa mendapatkan kesempatan untuk dilihat dan dijadikan pilihan untuk membela timnas ke depannya," harap Masany.

Sebagai partner resmi baru liga untuk musim 2022-2023, KFC memberikan dukungan penuh ajang basket yang menghasilkan animo besar dari para pelajar dari ribuan sekolah peserta di seluruh penjuru Nusantara. Sebagai bentuk dukungan KFC adalah tayangan livestreaming. Total jumlah laga yang ditayangkan melalui kanal YouTube dan aplikasi DBL Play sejumlah 1.000 pertandingan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari musim sebelumnya yang berjumlah 578 tayangan livestreaming.

”Kami merasa bangga karena turut terlibat langsung dengan menjadi partner utama liga basket pelajar terbesar di Tanah Air ini. Menurut kami, kegiatan (liga) ini sangat positif bagi generasi muda, khususnya pelajar SMA. Kami ingin ikut menggairahkan anak-anak muda di Indonesia untuk aktif berolahraga dan berkompetisi secara sehat dan sportif,” ujar Eric Leong, CEO PT Fast Food Indonesia pada sesi jumpa pers di KFC Kemang Timur, Kamis 17 November 2022.

Irto Rachman, Ketua Bidang Basket (5n5) Perbasi DKI Jakarta memberikan tanggapannya mengenai ajang basket antar SMA terbesar se-Indonesia itu. Ia menilai bahwa DBL Indonesia memiliki konsistensi yang baik dalam membina bakat basket tanah air yang masih berada di bangku SMA. Ia turut mensyukuri hal itu lantaran dapat menjebolkan atlet-atlet yang kemudian sukses membela timnas, ia mencotohkan dengan beberapa atlet yang berlaga di PON XX di Papua tahun lalu.

"Sebagai federasi saya melihat DBL memiliki konsistensi yang luar biasa dalam membina siswa-siswa yang berbakat. Kami pada akhirnya bisa merasakan keuntungan tersebut, salah satunya beberapa perwakilan kami yang tahun lalu tampil di PON merupakan jebolan DBL," ujar Irto menanggapi.

Vanissa Renata, salah satu KFC DBL Indonesia All Star 2022 menceritakan pengalamannya ketika berlatih di Amerika Serikat. Ia berujar bahwa pengalaman yang ia dapatkan benar-benar berharga baginya lantaran dapat berlatih di Amerika Serikat.

"Pengalaman yang bener-bener berharga bagiku, karena aku bisa bertemu dengan temen-temen dari seluruh penjuru Indonesia dan bisa bonding sama mereka. Waktu berangkat ke Amerika Serikat kemarin. Sesaat sebelum latihan, aku sempet lihat Kevin Durrant latihan. Itu peristiwa mungkin sekali dalam seumur hidup aku bisa melihat bagaimana perjuangan atlet NBA. Waktu tanding kemarin juga kami semua perlu adaptasi lagi sama cuaca karena disana dingin," kenang Vanissa. (MRS)

Populer

Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Pengumuman! Berikut Top 10 DBL Dance Competition Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024