ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Hari kedua Honda DBL 2021 South Kalimantan Series menghadirkan empat pertandingan seru nan menarik. Tapi, empat tim yang meraih kemenangan di GOR Hasanuddin Banjarmasin ini tak melulu mulus. Bahkan, ada satu tim yang comeback setelah tertinggal selama tiga kuarter awal. Sabtu (12/2) kemarin, satu tiket fantastic four juga telah didapatkan oleh satu tim putri. Siapakah tim itu? Simak rangkumannya berikut.

SMA Terpadu Ukhuwah Banjarmasin vs SMAN 5 Banjarmasin

SMA Terpadu Ukhuwah Banjarmasin menatap babak Big Eight Honda DBL 2021 South Kalimantan Series dengan mantap. Hendrawan dkk mampu membuat perlawanan SMAN 5 Banjarmasin seperti angin lalu saja. Bagaimana tidak, Ukhuwah, julukan SMA Terpadu Ukhuwah Banjarmasin mampu menang besar dengan skor 65-33.

Kedigdayaan Ukhuwah memang sudah tampak sejak awal laga. Sepanjang lima menit pertama, anak didik Nicko Andrean itu memeragakan permainan cepat lewat fastbreak. Lemahnya transisi dari menyerang ke bertahan yang diperagakan oleh anak-anak Smala (julukan SMAN 5 Banjarmasin) seolah menjadi kesempatan emas bagi Ukhuwah untuk mendominasi.

Sebenarnya Smala punya momentum untukmengejar perolehan poin Ukhuwah. Sayang, momentum Smala untuk mengejar perolehan poin Ukhuwah hanya sampai disitu saja. Sebab, dominasi Ukhuwah atas Smala berlanjut di kuarter tiga dan empat. Meski menurunkan susunan pemain yang berbeda, permainan cepat masih diperagakan tim besutan Alfian Nur itu.

Hendrawan mampu jadi man of the match pada laga ini. Bermain penuh selama 40 menit, forward Ukhuwah itu bisa mencetak double-double. Bahkan, ia menyumbang setengah dari total poin yang dihasilkan Ukhuwah. Hendrawan mampu mengemas 34 poin, 11 rebound, 5 assist, dan 4 steal. Dirinya juga punya efektivitas field goals yang mentereng, dengan 73 persen dari 17/23 percobaan.

Baca selengkapnya: Double-double Hendrawan Antar Ukhuwah Menuju Delapan Besar

SMAN 1 Tanjung vs SMKN 3 Banjarmasin

Drama pertandingan tersaji dari sektor putri fase big eight Honda DBL 2021 South Kalimantan Series. Itu terjadi ketika pertandingan antara SMAN 1 Tanjung (Smasa) bersua SMKN 3 Banjarmasin. Smasa berhasil mengembalikan keadaan usai tertinggal di tiga kuarter dari SMKN 3 hingga menang 9-17. Hasil tersebut membawa Srikandi Smasa melaju ke babak fantastic four dan menunggu pemenang antara laga SMAN 7 Banjarmasin melawan SMAN 1 Banjarbaru.

Sejak awal, pertandingan ini berjalan seru. Terlebih, kedua tim saling kejar mengejar perolehan poin. Di kuarter pertama SMKN 3 unggul tipis 4-5. Pun begitu dengan kondisi yang terjadi di kuarter dua. SMKN 3 masih sedikit lebih unggul dari Smasa. Paruh pertama berakhir dengan skor tipis 5-7.

Di dua menit pertama kuarter empat, jadi momentum Smasa unggul atas lawannya. Itu terjadi setelah Alya Nur mencetak dua angka untuk mengubah keadaan menjadi 11 sama bagi timnya. Puncaknya, saat Maya Amelia membuat Smasa unggul memasuki pertengahan kuarter akhir ini. Lewat dua poin yang ia cetak dari free throw, mental Smasa bangkit. Sejak saat itu, Smasa mengambil alih permainan.

Perjuangan SMKN 3  makin berat saat laga menyisakan tiga menit. Ditambah, kondisi yang tertinggal membuat SMKN 3 makin menggencarkan serangan. Namun serangan SMKN 3 tak membuahkan hasil di sisa tiga menit kuarter empat. Sejumah serangan SMKN 3 hanya berujung turn over.

Baca selengkapnya: Tertinggal di Tiga Kuarter, Smasa Tanjung Comeback dan Lolos ke Fantastic Four

SMAN 1 Tanjung vs SMA Kanaan Banjarmasin

Tim putra SMAN 1 Tanjung (Smanta) berhasil menunjukan kekuatannya dalam kompetisi Honda DBL 2021 South Kalimantan Series. Tim asal Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini ini menyudahi perlawanan dari salah satu tim kuat, SMA Kanaan dengan skor 48-29.

Kekuatan Smanta bisa dibilang mengesankan di laga ini. Tak hanya kuat saat para line up-nya bermain, Smanta juga masih tajam ketika bench player mereka mendapat minute play. Bahkan, bench player Smanta mencetak tujuh poin pada laga sore hari ini.

Seolah sudah membaaca pola permainan Kanaan di paruh pertama, Smanta jadi menggila di paruh kedua. Sejumlah drive yang mereka lakukan sering menemui kebuntuan tapi bisa dibalas dengan shooting yang bertubi-tubi. Ditambah, pertahanan Kanaan di dua kuarter akhir tampak lebih longgar dari sebelum-sebelumnya. Tak ayal, Smanta bisa dua digit poin di kuarter tiga dan empat.

Pemain Smanta pun makin berani melepaskan shooting saat para pemain Kanaan menumpuk di paint area. Strategi itu membuahkan hasil. Smanta makin menjauhi perolehan poin dari Kanaan. Di sisi lain, Kanaan bukan tanpa perlawanan.

Pada laga seru ini, Smanta patut berterima kasih pada sosok Ervitobaratama dan Fazri Sulistiyo. Kedua pemain itu jadi kunci kemenangan Smanta. Ervito jadi topskor Smanta dengan raihan 17 poin. Sedangkan Fazri meski tak mencetak poin sebanyak Ervito, tapi ia bisa menorehkan double-double dengan 10 poin dan 10 rebound.

Baca selengkapnya: Atasi Kanaan, Putra Smanta Susul Tim Putri Lolos ke Babak Berikutnya

SMA Don Bosco Banjarmasin vs SMAN 7 Banjarmasin

Juara Honda DBL South Kalimantan Series musim lalu 2018, SMAN 7 Banjarmasin masih terlalu perkasa untuk lawannya. Dalam pertandingan perdananya, Smaven (SMAN 7 Banjarmasin) berhasil mengatasi perlawanan SMA Don Bosco Banjarmasin dengan skor 25-55.

Kemenangan manis Smaven ini tak lepas dari ketajaman mereka baik di paint area lawan. Terbukti dari efektivitas serangan Smaven dengan capaian 52 persen field goals dari 25/48 peluang yang didapat.

Catatan itu nampak timpang jika dibandingkan dengan milik Don Bosco. Selama 40 menit pertandingan, Don Bosco hanya mampu memaksimalkan 12 dari 31 peluang untuk mencetak poin. Bahkan, dari delapan kali free throw yang didapat Don Bosco, tak satupun yang bisa berbuah poin.

Di laga ini, Smaven punya tiga pemain yang menonjol. Mereka adalah M. Rendy Saputra, Steven Adriano dan Rahman Safii. Rendy jadi pemain yang paling subur dengan torehan 14 poin. Disusul Steven dengan 10 poin, lalu nama terakhir membukukan 10 poin juga.

Baca selengkapnya: Menangi Laga Perdana, Smaven Masih Berbahaya

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY