Opening Party Honda DBL 2022 South Kalimantan Series benar-benar menyuguhkan pertandingan yang menarik. Sebab, tiga tim ini berhasil memberikan tontonan permainan yang apik. Selain itu, ketiga tim ini juga berhasil meraih kemenangan dengan skor yang jauh. Siapa sajakah mereka? Simak rangkumannya berikut! (*)

SMAN 3 Banjarbaru vs SMAN 2 Banjarbaru

SMAN 2 Banjarbaru (Smada) berhasil membuka gelaran Honda DBL 2022 South Kalimantan Series dengan kemenangan manis di laga yang bertajuk Derbi Banjarbaru. Hasil itu didapat setelah Smada menyudahi perlawanan rival sekotanya, SMAN 3 Banjarbaru (Smaga) di laga pembuka opening party seri Kalimantan Selatan ini (Kalsel).

Meski bisa menang dengan skor meyakinkan (11-44), bukan berarti Smada menguasai jalannya laga ini. Sempat hiatus semusim akibat pandemi Covid-19, penampilan Smada tak langsung nyetel sejak menit awal. Bahkan, tim besutan Muhammad Ari Maulana itu sempat tampil buruk di kuarter pertama.

Tapi, rasa nervous yang menyelimuti armada Smada di dua kuarter awal pun langsung sirna ketika pertandingan masuk ke paruh kedua. Puncaknya di kuarter tiga. Smada benar-benar bermain impresif. Selain efektivitas serangan yang meningkat drastis, Smada juga kuat dalam hal defense.

Felix Fie yang dipercaya menjadi point maker Smada, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Itu didukung dengan catatan statistiknya lewat 14 poin, satu steals dan rebound. Tak hanya Felix, guard Smada lainnya, Muhammad Haikal Ghiffary, juga tampil memukau di laga pembuka ini. Hanya saja, perolehan poin Haikal satu bola lebih sedikit dari Felix. Bermain selama 21 menit 59 detik, Haikal mampu menorehkan 12 poin serta 1 assist dan rebound.

Baca selengkapnya: Menangi Derbi Banjarbaru, Smada Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Big Eight

SMAN 1 Banjarbaru vs SMKN 3 Banjarmasin

Tim asal Banjarbaru lainnya juga berhasil mendapat kemenangan di opening party Honda DBL 2022 South Kalimantan Series. Kini, Giliran SMAN 1 Banjarbaru (Smansa) yang menyudahi perlawanan dari tim tuan rumah, SMKN 3 Banjarmasin. Pertandingan ini berakhir untuk kemangan Smansa dengan skor 59-15.

Membawa misi besar di musim baru ini, Smansa langsung bermain trengginas sejak tip off dilakukan. Smansa juga mampu menunjukkan permainan konsisten dan berkembang di tiap kuarternya. Sebagai bukti, perolehan poin Smansa selalu meningkat di kuarternya.

Smansa benar-benar menggila di paruh kedua. Bahkan tim asuhan Coach Tonni ini sama sekali tak memberi kesempatan sang lawan untuk mengembangkan permainannya. Sudah mengetahui kelemahan dari SMKN 3, Smansa makin mengeksploitasi sang rival.

Benar saja. Dalam kurun waktu dua kuarter, Smansa bisa mencetak 42 angka yang masing-masing 16 poin di kuarter tiga dan 26 poin di kuarter selanjutnya. Moncernya duo Forward Smansa, Muhammad Alif Harianja dan Arthorion Laban adalah kunci kemenangan tim asal Banjarbaru itu.

Dua pemain itu, total menciptakan 36 dari 59 poin Smansa. Muhammad Alif jadi yang paling bersinar sore hari ini. Student Athlete berusia 16 tahun itu mencetak 18 poin dan 5 rebound. Sedangkan rekannya, Arhorion Laban, membukukan 16 poin serta satu steals.

Baca selengkapnya: Duo Alif-Laban Panas, Smansa Jegal Langkah SMKN 3 Banjarmasin

SMAN 2 Banjarmasin vs SMA GIBS Batola

Opening Party Honda DBL 2022 South Kalimantan Series ditutup dengan kemenangan manis SMAN 2 Banjarmasin (Smada) atas lawannya. Menghadapi SMA GIBS Batola, Smada bisa meraih kemenangan manis dengan skor 58-17.

Kemenangan tim binaan Coach Muhammad Mazani ini tak terlepas dari kepintaran skuat Smada untuk memaksimalkan tiap peluang yang mereka dapat. Dari total 43 peluang, 26 diantaranya berhasil berbuah menjadi poin. Baik lewat free throw, two point, hingga three point. Persentase field goals Smada pun mencapai angka 60 persen pada laga malam hari ini.

Tanpa diduga, Smada seolah keranjingan saat memasuki kuarter dua. Tak seperti kuarter pertama, kini mereka bisa mengumpulkan poin demi poin dengan mudah. Bahkan, Smada total dalam melakukan serangan. Sebagai bukti, 26 poin berhasil mereka ciptakan hanya di kuarter dua.

Tugas yang diemban Muhammad Abdul Ghani dan Muhammad Rayhan sebagai motor serangan pun berhasil dijalankan dengan baik. Keduanya silih berganti membongkar pertahanan GIBS. Lewat kecepatannya, dua pemain itu membuat defense GIBS nampak berantakan.

Tim GIBS bukan tanpa perlawanan. Permainan GIBS juga sudah membaik di dua kuarter akhir. Mereka bisa menciptakan tujuh dan delapan poin di masing-masing kuarter tiga serta empat. Tapi, tambahan 15 poin itu saja tak cukup untuk mengejar margin ketertinggalan GIBS yang terlampau jauh.

Baca selengkapnya: Smada Banjarmasin Tutup Opening Party Dengan Kemenangan Manis

Populer

Hasil DBL East Jakarta: Jaminan Finalis Baru di 2024!
Nasa Singkirkan Sapta Eka, Jaminan Juara Baru di DBL East Jakarta!
Azalia dan Josiah Oracel, Kakak-adik dari Charis Kompak Basketan Sejak Kecil!
Berikut Daftar Tim yang Berpartisipasi di DBL East Java Championship 2024
Era Sinlui Runtuh! Gloria 1 Raja Baru DBL Surabaya!