Merari Puay termasuk figur familiar di Honda DBL Jogjakarta Series. Ia disegani karena kepiawaiannya menakhodai SMA Stella Duce 2 Jogja. Ia pernah terpilih sebagai pelatih First Team Honda DBL Jogjakarta Series 2016 ini. Ia mengantarkan Stero--julukan Stella Duce 2 menjadi runner up musim 2018.

Pelatih 31 tahun ini membagikan berbagi pengalaman tentang kiprahnya sebagai juru taktik Stero. Menurutnya, menjadi pelatih tim putri memiliki tantangan serta dinamika tersendiri.

"Yang paling menantang adalah menumbuhkan motivasi para pemain ketika sedang haid. Sebab siklus bulanan ini akan berpengaruh ke latihan," ungkapnya. Oleh sebab itu, coach Merari selalu sedia obat pereda nyeri untuk pemainnya.

Tantangan kedua adalah membangun kepercayaan. Coach Merari berusaha menjadi teman curhat pasukannya. Selain itu, ia juga selalu berada di tengah ketika ada konflik kecil di internal timnya.

"Tim cewek itu lebih sensitif. Kalau tidak saling menjaga, konflik-konflik kecil dapat menjadi besar dan menghancurkan. Maka aku memposisikan diri sebagai kakak untuk mereka. Harus selalu siap untuk menjadi tempat curhat setelah latihan berakhir," imbuhnya.

Ia juga membangun sistem kekeluargaan antara tim, sekolah, dan pihak-pihak terkait lainnya. Hal ini amat penting untuk membuat pemain nyaman dan total saat persiapan maupun pertandingan.

Yang tak kalah penting, coach Merari selalu mengingatkan pasukannya akan pentingnya sekolah. Para pemain Stero harus memegang teguh spirit student-athlete. Mereka harus berprestasi sebagai pelajar dan pebasket.

"Jangan sampai mengejar mimpi di basket tapi akademiknya dilupakan. Para pelatih harus tetap mengingatkan pemainnya untuk menyeimbangkan sisi akademik dan non akademik,” tegas pelatih yang menangani Stero sejak 2012 itu.

Terakhir, coach Merari juga membimbing pemainnya untuk taar beragama. Mereka selalu diingatkan bahwa Tuhan selalu menyertai setiap langkah dan perjuangan mereka

"Saya selalu ingin para pemain sadar bahwa perjuangan mereka tidak akan berhasil tanpa berkat dari Tuhan. Jadi jangan pernah lupa untuk berdoa saat latihan maupun pertandingan," tutur coach Merari.(*)

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga