Membentuk otot agar lebih kuat adalah sebuah keharusan seorang atlet basket. Sebab dengan kekuatan otot yang besar, kalian akan menguasai beberapa teknik dan menjadi pemain yang hebat. Tiap atlet punya cara tersendiri untuk membangun masa otot tubuhnya.

Namun ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa atlet basket tak perlu mengangkat beban. Sebab, mereka akan kehilangan mobilitas atau kecepatan ketika rutin melakukan angkat beban.

Nah tim DBL.id akan berikan tiga tips yang harus kalian pahami agar bisa punya dasar kuat ketika melakukan workout.

Box Squat

Cara yang benar ketika melakukan box squat ini adalah duduk di atas sebuah kotak dengan posisi paha sejajar dengan lantai. Selama melakukan drill ini, kalian harus membuat rileks pinggul dan paha. Kemudian berdirilah dengan perlahan, lalu duduk kembali.


Bulgarian Split Squat

Drill ini memang terlihat mudah. Akan tetapi, apabila kalian salah dalam melakukan tahapannya, maka bisa menimbulkan risiko cedera.

Caranya, kalian cukup berdiri di depan bangku dan letakkan satu kaki di belakang. Tekuk lutut kalian sehingga hendak melakukan jongkok. Pastikan lutut kalian tidak melebihi telapak kaki. Idealnya, kaki yang berada di bagian depan tegak lurus.


Hamstring Band Curl

Ambil sebuah karet dan letakkan di bagian pergelangan kaki kalian. Lalu kalian harus duduk di bangku. Jaga posisi kaki kalian sekitar 3 inci dari tanah untuk drill ini. Setelah itu, tarik kaki kalian hingga membentuk sudut 90 derajat.(*) 

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini.

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga