ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Hai, muda-mudi Jakarta! Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Jakarta telah berhasil digelar di empat region (West, North & Central, East, dan South). Nah, setelah empat wilayah dilalui, bukan berarti DBL Jakarta sudah selesai, lho.

Para finalis dari empat region ini akan kembali bertanding di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Jakarta Championship atau DBL Jakarta Championship. Total ada 16 tim yang bertanding di DBL Jakarta Championship.

DBL Jakarta Championship bakal digelar 30 Oktober hingga 5 November 2024 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Dari West Jakarta, ada tim putri SMAN 78 Jakarta dan SMA 1 Penabur Jakarta. Sementara tim putra ada tim SMA Tunas Muda School Meruya Jakarta dan SMA Bukit Sion Jakarta.

Sedangkan yang mewakili region North & Central Jakarta ada tim putri SMA 1 PSKD Jakarta dan SMA Jubilee Jakarta. Kemudian, ada tim putra SMA Jubilee Jakarta dan SMA Kolese Kanisius Jakarta.

Dari East Jakarta, ada tim putri SMAN 71 Jakarta dan SMAN 58 Jakarta. Tim putranya ada SMA Al-Maruf Jakarta dan SMAN 21 Jakarta. 

Di region terakhir alias South Jakarta ada SMAN 70 Jakarta dan SMAN 3 Jakarta. Tim putra ada SMAN 6 Jakarta dan SMAN 26 Jakarta. Semua nama-nama tim di atas akan kembali bertanding di DBL Jakarta Championship.

Technical Meeting (TM) untuk DBL Jakarta Championship digelar Senin, 28 Oktober 2024. Di sana bakal diadakan drawing untuk menentukan jadwal pertandingannya. Sekaligus dalam drawing itu nanti akan diumumkan di mana Final DBL Jakarta Championship akan dihelat.

Tahun lalu, Final DBL Jakarta Championship digelar di tempat yang super istimewa. Di Indonesia Arena. Saat itu Final DBL Jakarta Championship menjadi satu-satunya event olahraga yang digelar di Indonesia Arena setelah Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup.

"Tahun ini? Tunggu saja pengumumannya besok (28 Oktober 2024), tepat di Hari Sumpah Pemuda kami akan menyampaikan sesuatu yang istimewa," kata Senior Manager Event DBL Indonesia, Astrid Septiana Putri.

Selalu Ada yang Seru! Itulah gambaran yang pas untuk Final DBL Jakarta Championship dari tahun ke tahun. Seru entertainment-nya, dan pasti seru pertandingannya.

Kita tarik mundur ke belakang di musim 2019. Kala itu pertandinga seru terjadi di basket putra. Yang mempertemukan SMA Bukti Sion Jakarta vs SMAN 71 Jakarta. Laga itu sendiri berakhir dengan skor ketat, 62-59 untuk kemenangan Buksi -sebutan SMA Bukti Sion Jakarta.


Nicholas Davin (jersey putih) saat laganya di Final Party. Taufiq/DBL Indonesia

Baca Juga: Buksi Sukses Tuntaskan Misi Back to Back Champion

Nah, setalah musim 2019 itu, kompetisi DBL hiatus karena pandemi. Baru dihelat lagi di musim 2021 dalam sistem semi bubble di GOR Cempaka Putih Jakarta Pusat. Semua pertandingan terpusat di sana, termasuk Final Party DBL Jakarta Championship. Kebetulan saat itu Jakarta dan Surabaya merupakan kota uji coba penyelenggaraan kompetisi DBL saat pandemi.

Di musim 2021 itu, pertandingan yang seru terjadi di sektor putri. Yang mempertemukan SMAN 70 Jakarta vs SMA Kristoforus 1 Jakarta. Laga itu berakhir dengan skor ketat, 45-40 untuk SMAN 70 Jakarta. Itulah momen Seventy -julukan SMAN 70 Jakarta- menjadi ratu baru basket pelajar di Jakarta.

Baca Juga: Putri Seventy 'Ratu' Baru Honda DBL Seri Ibu Kota


Tim putri SMAN 70 Jakarta sukses menyabet gelar perdana di Honda DBL DKI Jakarta Series (DBL Indonesia)

Nah memasuki musim 2022, perhelatan DBL Jakarta kembali ke setingan awal. Digelar di setiap region. Para finalisnya diadu di babak Championship. Babak Championship juga kembali ke GOR Soemantri Brodjonegoro.

Di Final Party DBL Jakarta Championship keseruan laga kembali terjadi di sektor putra. Bukit Sion yang sang juara bertahan mendapatkan perlawanan sengit dari SMA Jubilee Jakarta. Laga berlangsung ketat hingga berakhir dengan skor 62-67. Jubilee-lah yang menjadi Raja baru DBL Jakarta ketika itu.


Tim putra SMA Jubilee merayakan gelar juara perdana mereka di DBL Jakarta.

Baca Juga: Jubilee Juara Baru DBL Jakarta!

Nah, di DBL Jakarta 2023 sesuatu yang spesial dihadirkan DBL Indonesia. Format kompetisi masih sama. Kompetisi digelar di empat region. Para finalisnya bertemu di Championship yang digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro. Namun Final Party-nya yang dihelat di venue istimewa, Indonesia Arena.

Final Party yang berlangsung Jumat 17 November 2023 itu menjadi bagian sejarah olahraga Indonesia. Sebuah kompetisi olahraga pertama bisa digelar di venue yang sebelumnya dipakai Piala Dunia Basket (FIBA World Cup).

Setelah FIBA World Cup kalah itu, belum ada satu pun event olahraga yang dihelat di Indonesia Arena. Full house. Penonton yang hadir di Final Party DBL Jakarta itu mencapai 12 ribu penonton lebih. Sudah setara dengan gim seru di FIBA World Cup.

Di Final Party itu, laga di sektor putri dan putra menyuguhkan keseruan yang luar biasa. Di sektor putri, SMAN 70 Jakarta mendapatkan perlawanan sengit dari SMA Jubilee. Tapi Indonesia Arena akhirnya menjadi saksi Seventy menjadi juara basket putri di tiga musim berturut-turut.

Baca Juga: Indonesia Arena Menjadi Saksi Gelar Tiga Musim Beruntun Seventy!

Sementara di basket putra, kemenangan dramatis diraih SMA Jubilee atas SMA Bukit Sion. Buzzer beater menjadi tontontan seru di game itu.

Bahkan, Jubilee juga masih tertinggal 4 poin (48-52) di satu menit terakhir kuarter keempat. Momentum Jubilee didapat melalui tripoin krusial Stephen Sundinata. Mereka semakin percaya diri setelah layup mulus Kanara Haady Pasha di sisa 13 detik.

Baca Juga: Dramatis! Jubilee Sukses Pertahankan Gelar di Indonesia Arena


Pemain Jubilee merayakan kemenangan mereka yang diraih dengan susah payah dari SMA Bukit Sion.

Buksi sempat mendapatkan tembakan gratis tapi gagal mengeksekusi. Peluang terakhir mereka juga gagal setelah turnover Efrael Yerusyalom Enrichia. Setelah Hosea Yedija Setiwan melakukan steal, Jubilee mencoba peruntungan melalui tripoin Kenneth Leebron Huang dan gagal.

Pertandingan pun berakhir. Para pemain Jubilee merayakan kemenangannya di Indonesia Arena. Kemenangan dramatis Jubilee menjadi akhir yang sempurna di Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series. Jubilee unggul 53-52 atas Buksi.

Kira-kira keseruan apa ya yang akan terjadi di Final DBL Jakarta musim ini? Mari kita nantikan bersama, pembukaan keseruan itu di babak Championship. Sudah beli tiket terusannya belum? Segera amankan tiket terusan hingga Final Party dengan membeli lewat DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY