Berbicara soal gim ketat, tim putri SMA 1 BPK Penabur Bandung (Smak 1) tampaknya layak dijuluki sebagai ahlinya. Dari lima pertandingan yang dijalani musim ini, tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan tipis! 

Termasuk laga putri Smak 1 kontra SMAN 1 Bogor (Smansa) di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Java Championship pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Tak ada yang menyangka bahwa putri Smak 1 pada akhirnya berhasil menggenggam keunggulan 66-63 atas Smansa. 

Sebab, para srikandi Smansa sejatinya berhasil mengambil alih jalannya pertandingan. Keunggulan sementara pun diraih hingga berakhirnya kuarter ketiga. 

Namun, selisih yang tidak pernah terpaut lebih dari lima poin tampak mudah bagi putri Smak 1 untuk membalikkan keadaan. Pelahan tapi pasti. Tim polesan Hendrikus Andy mulai memangkas margin di kuarter keempat. Hingga buzzer dibunyikan, kemenangan resmi menjadi milik putri Smak 1. 

Kemenangan putri Smak 1 kali ini tak lepas dari sosok Edlyn Estrella Tjiptahardja. Selama 30 menit waktu bermain, cewek yang akrab disapa Edlyn ini sukses membukukan 14 poin sekaligus menjadikannya sebagai salah satu top skor. 

Di balik dua digit angka yang diraih, tak dapat dipungkiri bahwa ketegangan terus membayangi Edlyn sepanjang pertandingan. Terlebih, pemain bernomor punggung 20 menilai performa lawan yang dihapinya juga tidak main-main. 

"Aku sendiri sih tegang banget soalnya dari kuarter pertama udah sempet ketinggalan lumayan jauh, terus match-nya tight banget. Akhirnya, kita bisa imbangin dan lumayan lega," buka Edlyn.

"Ini first time juga bagi kita buat lawn tim luar kota. Smansa mainnya juga bagus dan gesit. Drive mereka kenceng-kenceng dan akurasi shooting mereka lumayan bagus," imbuhnya. 

Baca juga: Ritual Chelsea Aurelia hingga Nyaris Cetak Triple-Double Pertama di DBL Bandung

Ia merasa bahwa dua pertandingan sengit sebelumnya secara tidak langsung semakin memperkuat mental timnya. Begitu pun dengan tekanan hingga lelah yang dirasakan pun juga ikut bertambah. 

"Tegang sih soalnya kita tuh kadang telat panas dan pastinya juga bakal lebih capek. Pressure-nya juga lebih dari pertandingan biasa," beber Edlyn. 

Meski begitu, Edlyn mengaku tidak ada cara khusus untuk melawan rasa letih setelah melewati pertandingan ketat. Ia dan rekan-rekannya hanya memanfaatkan waktu yang tersisa untuk istirahat cukup. 

"Nggak ada treatment khusus, sih. Cuma, sekolah kasih dispensasi buat istirahat yang cukup, terus minum banyak vitamin dan buah," ujar dara berperawakan 160 sentimeter. 

Di samping itu, pasukan Smak 1 juga tidak melewatkan pentingnya sesi evaluasi di setiap pertandingan. Apalagi, Edlyn menuturkan motivasi yang datang dari sosok pelatih turut berperan penting dalam membangkitkan semangat timnya untuk menghadapi pertempuran berikutnya. 

"Coach sering bilang harus lebih banyak komunikasi. Terus, kalo ngelakuin kesalahan jangan terlalu dipikirin ntar  jadi down sendiri. Lupain aja dan jangan lakuin kesalahan yang sama," kata Edlyn sembari menirukan ucapan sang pelatih. 

Tiga pertandingan menegangkan telah dilewati putri Smak 1. Selama itu pula, mereka sukses menyudahinya dengan kemenangan. Edlyn sendiri tak pernah menyangka bahwa ia mampu mengantarkan tim Smak 1 hingga titik ini di tahun terakhirnya sebagai student athlete

"Aku seneng banget dan juga terharu bisa bwa Smak 1 sampe ke final. Unexpected  juga bisa sampe final, rasanya kayak masih nggak nyangka aja," ungkap Edlyn. 

Jatuh bangun telah dirasakan putri Smak 1 sepanjang musim ini. Partai puncak DBL West Java Championship 2024 sudah di depan mata. Itu berarti tinggal selangkah lagi untuk membayar kekalahan mereka atas tim putri SMA BPK Penabur Cirebon di final DBL West Java-East 2024.

Menanggapi hal itu, Edlyn berharap agar timnya dapat berbenah dari kesalahan sebelumnya. Dengan begitu, ia optimistis bahwa timnya mampu mengerahkan usaha maksimal selama di lapangan nantinya. 

"Kasih yang terbaik buat last match dan belajar dari kesalahan match sebelumnya. Apapun hasilnya nanti, yang penting kita udah main dengan maksimal dan membanggakan nama sekolah," tegasnya. 

Baca juga: Tak Hanya Pemain, Laga Putri Smak 1-Trimulia Juga Suguhkan Duel Suami-Istri!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

DBL Jakarta Championship 2024: Ini Tanggal dan Venuenya, Segera Amankan Tiketnya
SMA Witama Pekanbaru Jadi Raja Baru DBL Riau 2024!
Gelar Juara DBL Jakarta Selatan "Pulang Kampung" Ke Mahakam
Akhirnya Smansa Denpasar Kawin Gelar Lagi!
Tuntas! Mahkota Ratu DBL West Java 2024 Masih Dikuasai BPK Penabur Cirebon