Panas! Teladan Kalahkan Finalis DBL Jakarta Selatan 2023!

| Penulis : 

Tim putra SMAN 3 Jakarta (Teladan) hentikan perlawanan SMA Al-Izhar Pondok Labu Jakarta (AIPL) untuk mengamankan satu tempat di fantastic four atau semifinal Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Jakarta. Kemenangan diraih dalam laga delapan besar yang berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa, 22 Oktober 2024. 

Pertandingan berlansung sengit bagi kedua tim di dua kuarter pertama, baik AIPL maupun Teladan silih berganti mencetak poin, hingga skor 20-20 bertahan saat turun minum. Selepas istirahat, Teladan bisa mengatasi tekanan AIPL dan mulai nyaman untuk mengendalikan permainan, dan unggul 33-24 di akhir kuarter ketiga. Tim asal Setia Budi itu mengunci kemenangan dengan skor akhir 40-30.

Misi revans yang dibawa dalam perjumpaan kali ini sukses dilaksakan. Seperti yang diketahui, musim lalu perjuangan Teladan harus berhenti di delapan besar oleh AIPL. Dengan demikian, kans AIPL untuk mempertahankan gelar juara DBL South Jakarta musim 2023 harus sirna.

Baca juga: Malik Aqil Bangga Bisa Masuk Bukit Duri Lewat Jalur Prestasi Basket!

"Alhamdullilah itu semua berkat kerja sama antara kita, pengurus, sekolah, dan anak-anak serta pelatihnya," ujar orang tua pendamping tim putra Teladan, Dewi Andriani SH.MH, selepas laga. Dewi menuturkan tim yang sekarang berhasil melaju ke semifinal merupakan skuad yang baru terbentuk selama enam bulan ke belakang. Ia mengungkap mengikuti DBL musim ini merupakan suatu pertaruhan.

"Sebenarnya gambling ya, tetapi karena semangat dan kekompakan anak-anak dan usaha kerja keras, Alhamdullilah hari ini kita mendapatkan hasilnya," sambung Dewi. Tampaknya kerja keras itu juga berbuah manis bagi sang juru taktik, Abdul Nizar yang baru memimpin Teladan pada tahun ini.

Nizar yang pernah berpindah-pindah melatih sekolah dari SMAN 6 Jakarta, SMAN 47 Jakarta, SMAN 34 Jakarta hingga akhirnya berlabuh ke Teladan, untuk pertama kalinya bisa merasakan babak fantastic four. Kemenangan hari ini pun tak lepas dari kejituannya dalam menerapkan strategi untuk meredam serangan anak-anak AIPL.

"Karena lawan Al-Izhar tahun ini saya ngelihat kita menang dari area big man. Jadi saya ngomong ke anak-anak "kita lepas aja mainnya", ikutin instruksi pelatih, jalanin sistemnya," lanjut pelatih yang memiliki tinggi 189 cm.  

Baca juga: Putri Gonzaga Selalu Teringat Pesan "Pantul" Kepala Sekolahnya, Apa Itu?

Kedatangan Nizar di Teladan pun ingin mematahkan catatan buruk timnya selama dua tahun terakhir, di mana timnya terhenti pada babak-babak awal. 

"Saya mau mematahkan, dua tahun terakhir atau beberapa tahun, di mana SMAN 3 cuma sampai gim ketiga, itu saja target utama saya. Kini, kita bisa ngelewatin gim ketiga, udah terlanjur, berarti kita harus sampai ke tujuan utama championship," ucap pria berusia 30 tahun itu. 

Terakhir kali putra Teladan menembus babak semifinal ialah musim 2019, saat itu usaha menembus final harus kandas pasca dipulangkan SMAN 28 Jakarta. Ditanya soal kemungkinan kans kawin gelar dengan tim putri seperti hal yang dilakukan Teladan pada 2016, Nizar menyebut hanya fokus ke setiap gim yang dimainkan.

"Belum kepikirian karena ga ingin mikir terlalu jauh karena saya ngajarin ke anak-anak untuk kita harus fokus step by step. Saya ga mau mikirin, nanti di final lawan siapa, nanti fantastic four lawan siapa. Pokoknya besok lawan siapa, fokus sama itu dulu," jelas Nizar. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Populer

Hasil DBL South Jakarta: Jaminan Finalis Baru Tahun Ini!
Panas! Teladan Kalahkan Finalis DBL Jakarta Selatan 2023!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Riau Rabu, 23 Oktober 2024
Berbagi Kisah Sukses 20 Tahun DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Bogor Hari Ini 17 Oktober 2024