Panggung DBL Dance Competition 2024 South Jakarta berlangsung meriah di hari pertama, Rabu 16 Oktober 2024. Ada tim dance dari SMAN 38 Jakarta yang tampil hari ini. Tim dance itu tampil dengan menggabungkan budaya tradisional Indonesia dengan modern dance.

Tim dance SMAN 38 Jakarta menggabungkan Tari Kecak dari Bali dengan tarian modern. Semula, mereka menampilkan Tari Kecak lengkap dengan sosok Calon Arang. Kemudian, saat musik latar berganti dengan tempo cepat, mereka pun berganti koreo menjadi tari modern.

Baca juga: Smantila Mau Latihan Lebih Giat Jelang Lawan AIPL Usai Hentikan Fourthix

Penggabungan dua kesenian ini bukan tanpa alasan, Alvaretra Daningtyas, anggota tim dance SMAN 38 Jakarta, mengatakan timnya memang sengaja memilih konsep ini. Tujuannya untuk melestarikan budaya Indonesia.

“Kalau bukan kita untuk merdeka dalam berbudaya, lalu siapa lagi. Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan indonesia. Kekayaan budaya Indonesia harus terus kita jaga dan lestarikan. Kami mengajak seluruh pemuda untuk mencintai kebudayaan Indonesia,” ujarnya.

Selain tim dance SMAN 38 Jakarta, ada juga tim dance dari SMAN 43 Jakarta yang turut tampil di hari ini. Mereka adalah Althyx 43. Pertama manggung di DBL Dance Competition, Althyx 43 membawakan koreografi yang menyenangkan dengan balutan kostum berwarna merah muda.

Tanisha Yusra, anggota Althyx 43 menjelaskan, tim dancenya mengangkat tema Move Up yang dikemas dengan konsep bahwa menari dapat meningkatkan harga diri dan meningkatkan pikiran serta tubuh kita agar menjadi lebih produktif.

Baca juga: Starcik Pilih Lagu Energik, Sixty Dance Club Punya Pesan untuk Gen Z!

“Dengan melihat remaja Gen Z yang kebanyakan malas gerak (mager), kami Althyx Dance Crew menyuarakan perubahan pola pikir Gen Z untuk lebih produktif dan berenergi, serta mengutamakan konsep unik dari individu masing-masing,” jelasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Populer

Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Jadwal dan Link Live Streaming DBL South Jakarta Hari Ini 17 Oktober 2024
Sempat Panik Jelang Tanding, Ada Drama Dihadapi Fortight!
Jegal Kawin Gelar PNK, Putra Warga Kembali ke Singgasana Juara DBL Solo!
Hasil DBL South Jakarta: Opening Party Ramai, GOR Bulungan Penuh!