Laga Senin, 7 Oktober 2024 mempertemukan dua tim finalis DBL lintas region Jawa Timur. Mereka adalah SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung (dari East Java-West) dengan SMAN 1 Glagah Banyuwangi (dari East Java-East).

Putra Smariduta -julukan SMAN 1 Kedungwaru- berhasil memungkas game dengan skor akhir 53-34. Kemenangan itu membawa mereka melaju ke babak Semifinal Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship.

Jika menilik statistik, ada satu nama penggawa Smariduta yang menarik perhatian. Namanya Adnan Valintino Rossi. Panggilannya Rossi.

Rossi tampil sebagai top poin timnya, dengan menyumbang 11 poin, ditambah 1 rebound, 1 assist, 3 steals, dan 1 block.

Kami bertemu selepas pertandingan usai. Sudut lorong ruang ganti DBL Arena Surabaya jadi tempat pilihan untuk kami berbincang.

Saat pertama kali mengobrol, penulis penasaran dengan nama lengkap pemilik jersey nomor tujuh itu. Namanya terdengar mirip dengan legenda balap MotoGP, Valentino Rossi.

“Kalau namaku Valintino, itu karena lahirku tepak Valentine Mas. 14 Februari. Kalau Rossi, jujur kurang paham,” bukanya sambil tersenyum.

Baca Juga: Tiket Semifinal Smariduta untuk Pengorbanan Pak Titis Eswindro

Di kesempatan itu Rossi berbagi evaluasinya atas match hari itu. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan timnya. Tentu detail tersebut perlu diperbaiki agar performa Smariduta di laga berikutnya membaik.

“Kami perlu lihat ulang dari sisi komunikasi, defense, sama harus lebih respect ke lawan sih Mas. Ada beberapa momen tadi yang menurutku kami kurang sportif lah. Tapi setelah half time, sudah dibenahi,” ungkapnya.

Meski sudah pernah melantai di DBL Arena Surabaya di musim lalu, Rossi tetap mengaku, euforia tampil di arena kenamaan Jawa Timur itu memang selalu ia idamkan.

“Beda banget rasanya main di sini. Dapet banget pengalaman yang berharga. Bisa ketemu tim lain yang hebat juga,” lanjut Rossi.

Ada cerita unik dari putra Tulungagung itu. Semula, Rossi ternyata memulai hobi olahraganya lewat sepak bola.

Namun, saat kelas 5 SD, ia memutuskan banting stir ke basket. Dari sana, ia memperoleh banyak pengalaman berkesan. Salah satunya, menjadi student athlete di DBL.

“Awal aku sepak bola. Itu dari kelas 4 SD, tapi cuman bertahan satu tahun. Aku pindah ke basket karena pas dulu, gak kebagian jersey tim sepak bola. Akhirnya diajak tetangga satu perumahan buat main basket,” sambung cowok kelahiran 2007 itu.

Baca Juga: Tak Ambil Pusing, Putra Smariduta Pede Hadapi DBL East Java Championship 2024

Sudah enam tahun Rossi berbasket. Tak dipungkiri, ia sempat mengalami momen bosan bermain basket. Tapi ia selalu berhasil mengatasi kebosanan itu dengan satu motivasi. Untuk jadi yang terbaik dan masuk di roster utama.

“Ya mikirku kalau nggak rajin latihan, dapatnya pasti di second tim. Makanya, aku selalu berusaha tetap semangat. Biar masuk first tim,” tuturnya.

Di akhir perbincangan, Rossi mengungkap salah satu kebiasaannya bersama Smariduta sebelum bertanding. Ternyata mereka biasa bermain tebak-tebakan. Ia segera mencontohkannya dengan bertanya pada penulis.

“Buah-buahan apa yang bisa berperang?” tanya Rossi.

Ketika ditanya balik oleh penulis, ia menjawab.

“Jambu runcing.”

Tertawa garing kami mengakhiri obrolan hari itu.

Bagaimanakah kelanjutan perjuangan putra Smariduta? Tetap nantikan kisah mereka selanjutnya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship.

Baca Juga: Smariduta Jadi Tim Pertama Raih Back to Back Champion DBL Madiun!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Difasilitasi Pemprov Jatim, Peserta Honda DBL Antusias Jalani Vaksinasi
Warga Surakarta Juara DBL Central Java di Kota Semarang!
Ikut Honda DBL Lagi, Pasukan Smahada Berjuang Demi Mendiang Rafi
Srikandi Boedoet Panas, Usung Misi Revans atas Seventy
Walikota Jakpus Mendukung GR Cempaka Putih Jadi Venue Honda DBL Seri Ibu Kota