ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret Mohamad Baharudin Habibi Adenan di gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship

Melantai di DBL Arena Surabaya seringkali menjadi impian bagi para student athlete. Hal itu berlaku bagi Mohammad Baharudin Habibi Adenan.

Ia bangga, bisa mengawal perjuangan tim basket putra SMAN 1 Glagah Banyuwangi hingga mencapai arena kenamaan Jawa Timur itu.

Habibi, begitu ia biasa disapa, tampil di laga Senin, 7 Oktober 2024. Sekolahnya, putra Smansa -sebutan tim SMAN 1 Glagah Banyuwangi- bertemu Smariduta -sebutan tim SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung.

Laga itu merupakan pertemuan para finalis DBL lintas region Jawa Timur: Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship.

Sepanjang "pertempuran" itu berlangsung, mata penulis tertuju pada satu penggawa Smansa dengan jersey nomor 10. Dialah Habibi.

Setelah match berakhir, penulis memutuskan ngobrol di lorong ruang ganti DBL Arena.

Musim ini adalah kali pertama putra kelahiran Banyuwangi itu menapakkan langkahnya di Surabaya. Meski begitu, ia tak gugup sekalipun. Itu terbukti dengan sumbangsihnya di laga itu dengan mencatatkan 7 poin,  6 rebounds, 2 assists, dan 1 steal.

Sebelum bercerita tentang pengalamannya berbasket, Habibi ingin berbagi pandangan tentang evaluasi timnya.

Menurut cowok kelas 12 itu, timnya terlalu sering membawa bola, namun peluang itu kurang bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kami terlalu sering passing. Banyak turnover juga. Keseringan dribble. Yang paling penting, transisi menyerang dan bertahan kita masih lambat,” buka Habibi.

Baca Juga: 280 Kilometer Smansa Glagah Demi Langkah Pertama di DBL Arena

Habibi sendiri berkenalan dengan basket sebenarnya belum lama. Passion di basket baru hadir saat SMA.

“Aku dulu awal badminton Mas. Dari SMP kelas 8 sampai 9. Sempat ikut seleksi PB Djarum juga di GOR Sudirman, tapi nggak sampai dapat golden ticket,” ucapnya sambil tersenyum.

Habibi mengungkap, ia hijrah dari badminton ke basket adalah karena atmosfer yang dihadirkan. Ia ingin merasakan euforia bertanding dalam liga basket antarpelajar terbesar di Indonesia.

Selain itu, Habibi juga ingin merasakan bagaimana berjuang bersama tim dan menghargai chemistry yang terjalin di dalamnya.

Gimana ya Mas, kalau di badminton itu kayak penontonnya diem-diem aja. Kalau di basket, pas nyetak poin, kan penontonnya bersorak. Sama ini juga, aku pengen ngerasain gimana bisa meraih prestasi bareng sama teman-teman, lewat basket,” jelasnya.

Baca Juga: Kilas Balik SMAN 1 Glagah Banyuwangi: Warna Baru di Final Party DBL Jember

Tak bisa dipungkiri, hati Habibi memang sudah mantap di basket. Tapi di satu sisi, ia tetap bersyukur pernah menekuni badminton. Hal itu terbukti dari torehan angka rebounds-nya yang tinggi. Menurutnya, badminton berperan besar dalam caranya mengeksekusi teknik itu.

“Kalau rebounds itu lebih ke feeling sih Mas, sama box out juga. Tapi ya emang bener, bulu tangkis juga ngebantu daya ledak buat loncat juga,” tutupnya.

Ini adalah kali pertama dan terakhir Habibi merasakan nuansa bermain di DBL Arena. Ia harus puas dengan hasil akhir pertandingan timnya kontra Smariduta, dengan skor akhir 34-53.

Bagi Habibi, kekalahan tersebut bukan menjadi alasan untuk patah semangat. Dari sana, ia berharap, semangat berjuang tim basket Smansa Glagah harus lebih besar di musim berikutnya.

Putra dari pasangan A. Gofar Adenan dan Nisa Hilmiyah itu juga menitipkan pesan untuk adik-adiknya kedepan.

“Harus tetap tanggung jawab dengan berlatih yang serius. Anggap latihan sebagai pertandingan, dan pertandingan adalah latihan,” tutupnya dengan mantap.

Apakah putra Smansa akan kembali melantai di Surabaya untuk musim depan? Tetap nantikan sepak terjang mereka!

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming DBL East Java Championship 7 Oktober 2024

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY