SMA Kolese Santo Yusup Malang (Kosayu) gagal kompak mengamankan kemenangan di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship.

Setelah srikandinya sukses meraih kemenangan manis atas SMAN 2 Jember, putra Kosayu rupanya belum bisa menghentikan ketangguhan SMA St Louis 1 Surabaya, Minggu, 6 Oktober 2024.

Berkaca dari hasil pertandingan hari ini, tim tuan rumah memang dominan. Buktinya, dua tim asal Surabaya masih bertahan. Adalah tim putra SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) dan tim putri SMA Gloria 1 Surabaya.

Kemenangan Sinlui membuat mereka resmi menjadi satu-satunya tim runner up yang memulangkan sang jawara. Mengingat pada laga ini, Sinlui dipertemukan dengan Kosayu yang merupakan kampiun DBL East Java-South 2024.

Buat kalian yang terlewat akan keseruan DBL East Java Championship 2024, simak rangkumannya di sini.

SMAN 1 Ponorogo vs SMA Gloria 1 Surabaya (PUTRI)

Seperti biasanya. Pergerakan SMA Gloria 1 Surabaya memang sulit untuk dihentikan. Seolah tidak ingin memberikan sedikit pun celah bagi lawan, Gloria 1 langsung melesat sejak tepis mula. Bahkan kuarter pertama ditutup dengan skor 17-0 tanpa balas.

Tak cukup puas sampai di situ, Gloria 1 terus menambahkan pundi-pundi angka lewat beberapa tembakan ke ring lawan yang kemudian terkonversi menjadi poin. Tanpa adanya perlawanan berarti, Gloria 1 makin menjauh.

Sejatinya SMAN 1 Ponorogo kerap memberontak. Hanya saja, Gloria 1 paham betul bagaimana cara untuk menjinakkan lawannya. Hingga peluit buzzer dibunyikan, SMAN 1 Ponorogo atau Ganesha hanya mampu catatkan enam angka. Skor pun berakhir 64-6.

Terdapat perbedaan yang begitu signifikan dari kedua tim. Sepanjang pertandingan berlangsung, Gloria 1 hanya catatkan 10 kali kesalahan atau turnover. Sedangkan Ganesha catatkan 39 kali kesalahan. Lewat turnover lawan, Gloria 1 berhasil memanfaatkan dengan baik dan membuahkan 42 poin.

Baca Juga: Ketagihan! Vanessa Kayla Ingin Putri Ganesha Kembali Tandang ke Surabaya

Shannon Dominique Susila paling gemilang dalam laga ini. Pemain bernomor punggung 16 itu menjadi satu-satunya pemain yang menyumbangkan dua digit angka, yakni 10 poin. Disusul Jessica Evangelica Gunawan dengan 8 poin dan 8 steal. Serta Putu Kezia Angelie Setiawan yang juga membukukan 8 poin.

Kemenangan ini membawa SMA Gloria 1 Surabaya menjadi tim pertama yang beranjak ke semifinal DBL East Java Championship 2024 dan akan berjumpa dengan SMA Kolese Santo Yusup Malang pada Selasa, 8 Oktober 2024 mendatang.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 2 Jember vs SMA Kolese Santo Yusup Malang (PUTRI)

Sedikit ragu, namun berakhir manis. Barisan srikandi SMA Kolese Santo Yusup Malang (Kosayu) menyudahi laga perdananya dengan sangat baik. Mereka menutup pertandingan atas SMAN 2 Jember (Smada Jember) dengan skor 70-17.

Kosayu memang unggul sejak pertandingan dimulai. Namun, pertahanan dari Smada Jember cukup kuat di paruh pertama. Membuat kuarter kedua berakhir dengan skor sementara 22-6. Belum memasuki respect the game.

Waktu luang pada jeda half time rupanya berhasil dimaksmalkan oleh Brian Agata, pelatih kepala Kosayu. Selain mengatur ulang strategi, dirinya berhasil membangkitkan semangat anak didiknya sehingga meledak di paruh kedua.

Setelah terseok-seok usai peluit tip off dibunyikan, srikandi Kosayu justru bermain dengan begitu lepas pada 20 menit terakhir. Di mana mereka berhasil menambahkan 23 poin di kuarter ketiga dan 25 poin di kuarter pemungkas. Sedangkan Smada Jember hanya menambahkan 11 poin dalam dua kuarter terakhir.

Tercatat empat pemain Kosayu berhasil menyumbangkan dua digit angka. Dipimpin oleh Louisa Antoinette Anabella dengan 15 poin, Abigail Natalenta Sukoco dengan 13 poin, Abigail Hannah Witjaksono dengan 12 poin, serta Gracia Ribby Anastasya dengan 10 poin.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Lapangan Jadi Kado Spesial untuk Louisa Antoinette

Kemenangan telak membuahkan satu tiket semifinal DBL East Java Championship 2024. Di pertandingan yang akan datang, mereka akan berjumpa dengan sang penguasa Jawa Timur sejak empat musim terakhir, SMA Gloria 1 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Kolese Santo Yusup Malang vs SMA St Louis 1 Surabaya (PUTRA)

Ketat dan saling balas serangan. Dua tim unggulan Surabaya dan Malang ini seolah bertemu lebih cepat. Pasalnya skuad putra SMA Kolese Santo Yusup Malang dan SMA St Louis 1 Surabaya berjumpa di fase perempat final DBL East Java Championship.

Baru saja wasit melayangkan bola pertanda laga dimulai, SMA Kolese Santo Yusup Malang (Kosayu) dan SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) seolah ingin segera menguasai jalannya pertandingan dan memastikan kemenangan. Mengingat satu dari mereka harus pulang.

Hal itu membuat pertandingan berlangsung cukup ketat. Utamanya di kuarter pertama, di mana kedua tim saling berbalas serangan. Membuat seisi tribun begitu ramai dan ikut gemas.

Meskipun tanpa rehat, siapa sangka satu per satu pemain Sinlui justru berhasil menciptakan momen yang membuat anak asuhan Ivan Widianto itu perlahan menjauh sejak kuarter kedua. Tak menyerah begitu saja, Kosayu terus menebarkan ancaman dan membuat margin kedua tim tak pernah lebih dari 19 poin.

Sayang, hingga peluit buzzer dibunyikan, Kosayu masih belum bisa mengejar atau sekadar menyamakan poin. Alhasil laga berakhir dengan skor 45-28, kemenangan manis sekaligus satu tiket semifinal resmi jadi milik Sinlui.

Baca Juga: Mama-Papa Datang dari Papua Demi Dukung Putra yang Melantai di DBL Arena

Dua pemain Sinlui berhasil catatkan dua digit angka. Adalah Bentley Leopold Halim dengan 10 poin dan Justin Patrick Alex dengan 10 steal. Ke depannya, mereka akan berjumpa dengan SMAN 1 Jember pada putaran semifinal yang akan berlangsung pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Jember vs SMAN 2 Madiun (PUTRA)

Partai penutup tak kalah seru. Pertempuran antara dua tim pendatang juga berlangsung panas. Di mana saling mempertemukan SMAN 1 Jember yang merupakan kampiun DBL East Java-East 2024 dan SMAN 2 Madiun yang merupakan runner up DBL East Java-West 2024.

Sejatinya SMAN 1 Jember (Sketsa) sudah jauh memimpin sejak kuarter pertama. Namun, SMAN 2 Madiun (Smada Madiun) tak mau menyerah begitu saja. Mereka terus mengejar dan tak mengendur hingga kuarter pemungkas berakhir.

Namun, dewi fortuna berada di pihak Sketsa. Pertandingan berakhir dengan skor meyakinkan 63-41. Undika Zaka Reka Wardoyo paling mencolok dalam laga ini. Di mana pemain bernomor punggung 21 itu mencetak 13 poin. Disusul Farrel Naufhal Arreliano dengan 12 poin.

Baca Juga: Mimpi Undika Zaka Jadi Nyata, Main untuk Sketsa di DBL Arena

Kemenangan manis Sketsa membawa mereka melaju ke putaran semifinal. Berkaca dari bagan tanding, tim unggulan Jember satu ini akan dipertemukan melawan SMA St Louis 1 Surabaya yang telah mengantongi kemenangan lebih dulu atas laga sebelumnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Jadwal dan hasil pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Mama-Papa Datang dari Papua Demi Dukung Putra yang Melantai di DBL Arena
Hasil DBL East Jakarta: Al-Maruf Dominan, Putra-putri Pemoeda Menang!
Hasil DBL East Jakarta: Jaminan Finalis Baru di 2024!
Sinlui Penuh Amarah Hingga Ancaman Putra Kosayu
Era Sinlui Runtuh! Gloria 1 Raja Baru DBL Surabaya!