Dari sepak bola hingga ke dunia basket menemani Frangky De Fretes dalam perjalanan hidupnya. Ya, ia yang gemar bermain sepak bola sempat menderita patah tulang kaki, tetapi hal tersebut bukan menjadi penghambat hidup, kini Frangky aktif melatih tim basket SMAN 36 Jakarta. 

"Itu gara-gara keluarga saya kan basket semua, saya main bola. Cuma karena kaki patah aja, makanya main basket, terus cobain kayak apa sih basket. Ternyata basket enak, beda sama bola. Mau coba aja, jadi pelatih basket kayak apa sih, ternyata susah juga, susah banget," kata Frangky seusai membawa kemenangan 42-11 tim putri SMAN 36 Jakarta atas SMAN 61 Jakarta dalam perhelatan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Jakarta, di Gelanggang Olahraga Rawamangun (GOR), Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dari rasa penasaran dicobanya, perjalanan garis waktu yang merangkak maju membawa Frangky berkiprah 14 tahun bersama Tiga Enam (julukan SMAN 36 Jakarta) sejak 2010. Ia pun setia melatih untuk tim yang berada di kecamatan Pulo Gadung. 

Frangky mengakui ikatan emosional sebagai alumni Tiga Enam yang membuatnya memilih bertahan.

Baca juga:Anaya Asta Sempat Takut Hadapi Sky One, Sampai Insiatif Minta Latihan Lebih!

"Saya kan alumni sana. Karena saya alumni sana, dulu basket Tiga Enam ga ada yang ngelihat. Siapa yang mau lihat basket Tiga Enam. Main kalah, diketawain, dihina-hina, namanya alumni kan ngerasa 'wah ga terima nih saya, cuma kan basic saya kan bukan basket, bola kan'. Coba aja belajar sama orang-orang yang berpengalaman, terus ada masukan, kritikan. Kritikan yang ngebangun emang enak," sambung Frangky.

Aktif sebagai pelatih basket, tak membuat pria yang memiliki keturunan Ambon serta darah Belanda ini kehilangan cinta terhadap klub favoritnya. Manchester United menjadi klub favorit Frangky.

"Kalau saya udah pasti MU (Manchester United). Mau bilang apa, saya tetap MU," ujar Frangky. Kiprah pemain legenda Manchester United di masa jaya 90an, membuat Frangky jatuh cinta sejak kecil.

"Awalnya dari kecil saya udah lihat Eric Cantona, terus Jaap Stam, terus Van Nistelrooy. Saya kan ada Belandanya nih, saya tambah tertarik lagi. Jaap Stam Belanda juga kan. Dari kecil udah ngelihat MU kan, saya suka MU nih, saya ikutin, mau kalah tetap MU," sebut Frangky. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

 

Populer

Hasil DBL East Jakarta: Jaminan Finalis Baru di 2024!
Nasa Singkirkan Sapta Eka, Jaminan Juara Baru di DBL East Jakarta!
Azalia dan Josiah Oracel, Kakak-adik dari Charis Kompak Basketan Sejak Kecil!
Berikut Daftar Tim yang Berpartisipasi di DBL East Java Championship 2024
Era Sinlui Runtuh! Gloria 1 Raja Baru DBL Surabaya!