Motivasi terbesar datang dari sendiri. Setidaknya itulah yang dialami Criston Jonathan Hananto. Pemilik jersey nomor 11 tim basket putra SMA Gloria 1 Surabaya itu ingin berbagi kisah tentang cederanya di musim lalu dan comeback-nya sebagai kapten.

Pertandingan Sabtu, 28 September 2024 mempertemukan tim Gloria 1 dengan putra Smala -sebutan tim SMAN 5 Surabaya. Dominasi Gloria 1 belum mampu dibendung Smala hingga akhir kuarter. Tim asuhan coach Desandrew itu memungkas laga di angka 60-17.

Selepas gim, penulis segera berjumpa dengan Criston. Karena hiruk pikuk lorong ruang ganti, kami memutuskan mengobrol di pojok dekat tangga. Tepat di depan ruang ganti nomor enam DBL Arena Surabaya.

Sang kapten membuka cerita tentang ulasan permainan timnya. Menurut Criston, pertandingan hari ini cukup berjalan dengan baik. Meski begitu, tetap ada beberapa detail minor yang perlu dibenahi. Tentunya agar performa tim lebih dominan, menyambut babak semifinal mendatang.

“Tadi cuman miss di detail kecil aja sih. Baik di offense dan defense. Buat mengatasi itu, sudah diobrolkan sama coach Andrew. Intinya re-group aja, fokus pertandingan,”  bukanya.

Criston sudah membela Gloria 1 selama tiga musim. Ini adalah kali terakhirnya melantai di DBL. Tumbuh berbasket bareng Gloria 1 tentu punya cerita tersendiri bagi cowok kelahiran Surabaya itu. Salah satunya saat musim kemarin. Criston sempat mengalami cedera, tepat sebelum Playoffs tanggal 12 Agustus 2023 lalu.

“Jadi pas Sabtu, tanggal 10 Agustus 2023, itu kan ada latihan sebelum Playoffs. Nah pas latihan itu, aku jatuh terus tanganku patah,” ujar Criston sambil menunjuk tangan kanannya.

“Karena cedera itu, aku gabisa main bareng Gloria 1. Cuman dapet main pas group stage aja,” lanjutnya.

Baca Juga: Pasang Surut Kisah Cinta Kenas Lebtinneo Bersama Basket

‘Cinderamata’ itu ternyata menjadi titik balik Criston dalam berbasket. Ia menjadi lebih antusias untuk membela Gloria 1 di musim sekarang. Tentunya dengan target yang baru pula. Kawin gelar.

“Awalnya sempat shock. Terguncang ngunu lah Mas. Cuman setelah itu, langsung mindset-ku berubah. Kalau kemarin gabisa ngasih yang terbaik, berarti musim sekarang harus juara,” ucapnya dengan mantap.

Di musim 2024 pula, ia didapuk sebagai kapten tim. Terkait hal tersebut, Criston berkata, tidak mengalami kesulitan yang berarti selama dipercaya sebagai kapten. Malah, ia bersyukur dengan chemistry yang telah terbentuk antar anggota timnya. Itu memudahkan perannya sebagai kapten.

Nggak keberatan sih. Anak-anak juga saling bantu. Saling pengertian satu sama lain. Jadi ketika ada yang down, pasti mereka peka. Dari aku juga nggak perlu ngasih penekanan yang gimana gitu. Mereka sudah dewasa,” sambung putra dari pasangan Raden Handriyanto dan Juliana Tjiputra itu.

Menutup perbincangan, Criston menyatakan ia akan fokus DBL terlebih dahulu, sebelum melanjutkan studi ke bangku perkuliahan. Setiap pertimbangan tentang masa depannya akan di-rembug bersama kedua orang tuanya.

“Kalau kuliah masih belum tahu. Fokus terdekat, harus juara DBL dulu. Selebihnya diobrolkan sama orang tua,” tutupnya.

Kemenangan Gloria 1 memuluskan perjuangan mereka ke babak Semifinal Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Apakah target Criston dkk akan tercapai di musim terakhirnya? Tetap nantikan kisah tim basket putra Gloria 1 berikutnya.

Baca Juga: Putri Gloria Amankan Tiket Semifinal dan Cerita Kerinduan Utik pada Babi Guling

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Mengenang Berpulangnya Daiva Aqmarina, Guard Smansa Malang
Hasil DBL Solo: Empat Tim Melesat ke Babak Playoffs!
11 Bus Iringi Perjalanan Boomas Attack Comeback di DBL Arena
Criston Jonathan, Tentang Cedera Musim Lalu dan Amanah Kapten Skuad Gloria 1
Misi Menjaga Warisan ala Sinlui atau Era Kebangkitan Penggawa NSA