Pertandingan ketiga Honda DBL with Kopi Good Day 2024 North & Central Jakarta, Jumat 30 Agustus 2024, berlangsung sengit. Mempertemukan tim putra SMA Calvin Jakarta kontra SMA Santa Theresia. 

Namun, pertandingan berhasil dimenangkan oleh Santa Theresia dengan skor tipis 23-21. Sepanjang laga, skor kedua tim tidak pernah jauh dari lima poin. Situasi ini membuat penonton GOR Cempaka Putih begitu tegang. 

Bahkan, tidak hanya penonton, pelatih Santa Theresia pun berkali-kali harus menahan napasnya ketika anak didiknya dihadapi oleh tekanan dari Calvin. Tahu siapa pelatih Santa Theresia ini? Dia adalah sosok legendaris di basket Indonesia.

Baca juga: Lima Hari Sparring di Bandung Berbuah Positif, Gandhi School Pulangkan SMAN 5

Sosok pelatih itu bernama Julisa Rastafari. Bagi pecinta basket, mungkin tidak asing lagi dengan nama ini. Ya, dia adalah mantan pemain Timnas Putri Indonesia sekaligus Ibunda dari Andakara Prastawa, pemain Pelita Jaya.

Sepak terjang pelatih yang akrab disapa coach Lisa ketika memperkuat Timnas begitu wangi. Ia pernah meraih perunggu di ajang SEA Games 1983, 1987, dan 1989. Dan medali perak di SEA Games 1991.

Selepas dari memperkuat Timnas, Lisa aktif di PP Perbasi pada tahun 1998 hingga 2010. Setelahnya, ia dipercaya sebagai pelatih Timnas U-16 Putri di tahun 2013 dan Timnas U-18 Putri di tahun 2014.

Lalu, kenapa Lisa tiba-tiba bisa turun gunung untuk melatih SMA Santa Theresia di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 North & Central Jakarta?

Jauh sebelum Lisa memperkuat Timnas Putri Indonesia, ia sebenarnya merupakan lulusan dari Santa Theresia. Di bulan April 2024 lalu, Lisa dipanggil untuk menjadi pelatih almamaternya tersebut.

“Saya ditelepon oleh Kepala Sekolah saat bulan April. Tapi, baru aktif melatih saat bulan Juni 2024. Dari sana, saya melatih anak-anak Santa Theresia dari awal. Dari hal-hal paling mendasar seperti lay up, dribble, passing, sampai ke pola defense dan offense,” ujarnya.

Baca juga: Sempat Takut Kalah, Marjo Akhirnya Sanggup Tumbangkan Saint Nicholas!

Pelatih berusia 62 tahun ini dikenal sebagai sosok yang tegas dan disiplin. Terbukti, dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, ia berhasil menyulap anak-anak Santa Theresia menjadi lihai bermain basket di lapangan.

Saat di lapangan pun, Lisa tidak segan untuk memarahi anak didiknya ketika membuat kesalahan. “Saya nggak mau anak-anak mainnya asal-asalan. Kalau mau menangkan tim, ya harus disiplin dan konsisten,” katanya.

Situasi sengit saat melawan Calvin sebenarnya berlangsung sejak kuarter pertama. Praktis, putra Santa Theresia tidak pernah unggul lebih dari satu poin hingga kuarter kedua. Menurut Lisa, anak didiknya terlampau gugup di laga perdananya.

“Pemain yang bagus itu yang selalu disiplin latihan. Dia harus selalu pegang bola di manapun. Nah, anak-anak Santa Theresia ini baru tiga bulan latihan intensif. Mereka juga demam panggung di lapangan. Makanya, saya sering marah-marah di lapangan,” jelas Lisa saat ditanya soal situasi sengit di lapangan.

Beruntung, anak Santa Theresia berhasil mengamankan kemenangan perdana mereka walaupun nyaris terkejar oleh Calvin di kuarter empat. Setidaknya, Lisa bisa bernapas lega di kali pertamanya turun ke lapangan DBL Jakarta.

Baca juga: Kairo Buzzer Beater! Bawa SMAN 7 Jakarta Menang Kontra SMA 2 Penabur

“Saya memang disiplin saat melatih. Nggak apa-apa juga kalau dibilang galak sama pemain. Yang penting, pemain saya main bagus, jangan berantakan. Karena dari pelatih yang disiplin, pemain-pemainnya nanti juga akan bermain dengan disiplin,” tutupnya.

Kemenangan putra Santa Theresia di laga ini membuat mereka lanjut ke babak berikutnya. Santa Theresia masih harus menunggu pemenang antara tim putra SMA Don Bosco 1 Jakarta melawan SMA Santo Yakobus Jakarta.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa klik di sini atau cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara