Tentang Bivaliant Veransan Rizq, Baseball, dan Basket

| Penulis : 

Bivaliant Veransan Rizq berhasil mencuri perhatian dalam laga Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North, Kamis, 29 Agustus 2024. Khususnya saat Vale -panggilan Bivaliant Veransan Rizq- membela SMAN 4 Surabaya (Tetra) kontra SMA Hangtuah 2 Sidoarjo di DBL Arena, Surabaya. Ia berperan penting untuk pertandingan Tetra hari ini!

Meskipun Tetra kalah dramatis oleh SMA Hangtuah 2 Sidoarjo dengan skor 15-17, Vale merupakan top score. Ia menyumbangkan 6 points, 5 rebounds, 2 assists, dan 3 steals. Kerennya lagi, ini menjadi musim pertama dan terakhir bagi Vale berkiprah di liga basket DBL. "Seru, meskipun sudah kelas 12 dan nggak bisa main lagi tapi ini berkesan banget buat saya," katanya. 

Rupanya kepiawaian Vale di olahraga tak hanya ia buktikan melalui basket. Pelajar dengan tinggi 174 sentimeter tersebut juga mendalami baseball serta softball. Vale bahkan tergabung dalam Timnas baseball putra U19. Terbaru, ia membela Indonesia di kejuaraan PONY Asia Pacific 2024 U19 Palomino League. Bertanding melawan Taiwan hingga Filipina.  

Vale telah mendalami baseball sejak bersekolah di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Saat kelas 4 SD, ia diarahkan untuk mengikuti ekstrakurikuler olahraga tersebut. Yang saat itu baru saja dibuka. Sebelumnya ia pernah coba-coba olahraga futsal. Namun berhenti begitu saja.

Baca Juga: Sanur dan Gandhi Sama-sama Bikin 'Simbolis' Unik di DBL North & Central Jakarta

"Jadi orang tua mendukung ikut baseball dan softball karena nggak terlalu keras. Dulu pernah futsal cuma orang tua khawatir karena banyak benturan, nah waktu futsal posisi saya kiper terus sekarang di baseball posisi saya jadi catcher, jadi ada persamaan," ungkap Vale. 

Karena telah mencintai baseball, Vale akhirnya melanjutkan keahliannya di olahraga tersebut usai lulus SD hingga sekarang. Terhitung sudah tujuh tahun lamanya. Ia bisa ditemui di Dharmawangsa Softball Field dan lapangan baseball Gunung Sari Surabaya ketika berlatih. 

Sepanjang karier baseball Vale, Pra kualifikasi PON 2023, Kejurnas U19 2023, Kejurnas U19 2022, hingga Kejurnas U15 2021 telah diikuti. Beberapa kejuaraan daerah pun tak pernah ia lewatkan. Bahkan sampai membawa pulang piala. 

Vale sebenarnya belum lama mencicipi olahraga basket. Ia menekuni olahraga tersebut ketika masuk di SMAN 4 Surabaya. Meskipun tak ada baseball, Vale tetap ingin ikut kegiatan olahraga sekolah. "Jadi pilihannya jatuh ke basket, sebenarnya ada futsal, cuma ikut basket karena banyak gerakan menggunakan tangan, sama seperti baseball," tutur Vale. 

Baca Juga: Adrenalin Tinggi Dorong Putra SMA 5 Penabur Petik Kemenangan Perdana

Basket rupanya menjadi cara Vale untuk melatih gerakan tangannya. Sekaligus menjadikan basket sebagai latihan fisiknya. "Karena habis lulus masih mau baseball, jadi ya untuk sekarang saya ikutnya basket, hitung-hitung memperkuat tubuh juga, tapi tahun ini rencananya mau ada ekstrakurikuler baseball di SMAN 4 Surabaya," terangnya.

Karena banyaknya pelajar SMAN 4 Surabaya yang tergabung dalam klub-klub baseball, ekstrakurikuler olahraga tersebut diajukan sebagai kegiatan mandiri. "Semoga saja dengan cara-cara kecil seperti ini, baseball dan basket di Indonesia bisa terus maju," tandas Vale. 

Lihat hasil statistik pertandingan selengkapnya di halaman di bawah ini!

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Kawal Beda Sekolah, Loren dan Yohanes Justru Kompak di Luar Lapangan! Ada Apa?