Mendekati Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South dimulai, seluruh tim yang berpartisipasi mulai mengencangkan ikat pinggang mereka. Termasuk tim putri SMA Charis National Academy Malang.

Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan pada Sabtu (24/8), putri Charis menghuni grup A bersama dengan SMAN 2 Pasuruan dan SMA Santa Maria Malang. Ini merupakan lawan baru bagi putri Charis. Pasalnya, mereka belum pernah bertemu sama sekali dengan dua sekolah itu di DBL Malang musim-musim sebelumnya.

Meskipun demikian, Charis tidak menganggap remeh calon lawannya nanti. Sebaliknya, putri Charis penuh dengan persiapan. Azalia Oracel Sayoko, salah satu pemain Charis, mengatakan ketimbang memusingkan calon lawannya nanti, ia dan rekan-rekannya memilih untuk fokus pada kematangan tim.

Baca juga: Hasil Drawing DBL Malang: 56 Tim Siap Tempur di GOR Bima Sakti!

"Menurut saya musuh terbesar yang harus diwaspadai adalah diri masing-masing. Biasa kurang percaya diri, atau malah terlalu pede, jadi terlalu meremehkan, merendahkan yang lain, dan mengikuti suara hati yang kurang baik. Itu dapat menyebabkan kekacauan dalam performa main individu dan kerja sama antartim. Oleh sebab itu, penting bagi diri kami untuk masing-masing saling menjaga," jelasnya.

Modal Charis untuk melantai di DBL Malang sendiri pun terbilang cukup matang. Mereka mulai latihan intens untuk DBL Malang sejak awal Bulan Juni lalu. Sejak saat itu, mereka tidak pernah libur latihan, kecuali hari Sabtu dan Minggu. 

Menu latihan mereka pun beragam dan meningkat. Di awal latihan, putri Charis melatih fisik agar mempunyai stamina yang kuat saat pertandingan. Lalu, mereka juga berlatih fundamental dan pola permainan. Hingga melakukan scrimmage game dengan sekolah lain untuk menambah jam terbang.

Tak tanggung-tanggung, Azalia mengatakan timnya bahkan sering melakukan scrimmage game dengan sekolah-sekolah asal Surabaya. Semua ini dilakukan Azalia dan kolega untuk mencapai target mereka di DBL Malang tahun ini. Yaitu lolos hingga ke babak Championship.

Baca juga: Prediksi Big Match DBL Malang: Putra Dempo Satu Grup dengan SMAN 1 Sutojayan!

Nah, untuk mengukur progress latihan ini, Azalia selaku kapten tim bahkan rela membuat analisis timnya sendiri menggunakan media google spreadsheet. "Berdasarkan analisis data menggunakan google spreadsheet yang saya buat untuk tim cewe, saya menemukan bahwa alasan yang sering digunakan untuk ijin berlatih adalah dikarenakan kecapekan," ujarnya.

"Solusi yang saya lakukan adalah harus rajin-rajin minum vitamin, rajin makan, rajin minum air putih, kompres stelah latihan, jaga kesehatan. Dengan begitu dari analisis spreadsheet yang saya buat, menunjukkan total persentase kehadiran saya mengikuti latihan yang dijadwalkan hingga kini adalah sebesar 88 persen," timpalnya.

Dari persentase itu, tak ayal Azalia percaya diri untuk melantai bersama Charis di DBL Malang musim ini dan memasang target yang tinggi. Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South sendiri bakal digelar pada 4-26 September 2024 di GOR Bima Sakti, Malang.

Baca juga: Niners Waspadai Tim Ini di DBL Malang, Kenapa Ya?

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Fixed! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team Putri West Nusa Tenggara 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!