ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Bau badan sering banget jadi masalah orang-orang yang tinggal di negara tropis, termasuk Indonesia. Apalagi, buat kaum-kaum remaja. Bau badan tuh krusial banget!

Nggak mau, kan, lagi sekolah, hangout sama pacar, atau ngedate sama gebetan tiba-tiba badan kamu kecium baunya? Nah, buat mengatasi hal itu, DBL Play punya tips untuk menghilangkan bau badan.

Terutama, buat kamu, para remaja, yang aktif banget berkegiatan. Termasuk olahraga. Aktivitas yang padat otomatis bikin tubuh kamu bergerak lebih banyak dan seringkali mengeluarkan aroma khas. 

Baca juga: 5 Tips Melatih Disiplin dan Mengelola Emosi ala DBL Academy

Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah ini dan tetap merasa segar setelah beraktivitas. 

Kenapa Olahraga Bikin Bau Badan?

Sebelum membahas solusinya, mari kita bahas dulu penyebabnya. Bau badan saat berolahraga umumnya disebabkan oleh:

Keringat: Keringat itu sendiri tidak berbau. Namun, ketika bercampur dengan bakteri yang ada di kulit, terutama di area lipatan seperti ketiak dan selangkangan, keringat akan terurai menjadi asam lemak yang menghasilkan bau tidak sedap.

Bakteri: Bakteri pada kulit secara alami akan memetabolisme keringat dan menghasilkan senyawa berbau.

Makanan: Beberapa jenis makanan, seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, dapat mempengaruhi bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan. Salah satunya dengan mandi setelah beraktivitas dan gunakan deodoran sebelum melakukan aktivitas berat atau berkegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Cara Mencegah Cedera Saat Berolahraga, Anak Basket Wajib Tahu!

Berikut tips untuk menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan:

1. Mandi Secara Teratur

Mandi setelah berolahraga adalah hal yang wajib. Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh, terutama di area yang banyak mengeluarkan keringat.

2. Pilih Pakaian yang Tepat

Sebelum kamu berkegiatan, terutama kegiatan di luar ruangan, pakailah pakaian yang tepat. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Saat berolahraga, gunakanlah pakaian berbahan dry fit.

3. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Salah satu hal penting yang juga bisa mencegah bau badan adalah menggunakan deodoran atau antiperspirant. Keduanya punya fungsi yang berbeda, lho.

Deodorant berfungsi untuk menutupi bau badan, sedangkan antiperspirant berfungsi untuk mengurangi produksi keringat. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan intensitas kegiatanmu.

4. Atur Pola Makan

Seperti yang sudah disinggung di atas, makanan atau minuman yang kamu konsumsi juga memengaruhi aroma yang keluar dari tubuh. Kurangi makanan kayak bawang putih, bawang merah, makanan pedes. Perbanyak buah dan sayur supaya tubuh sehat dari dalam.

5. Jaga Kebersihan Diri

Selain cara-cara instan, bau badan juga dipengaruhi oleh kebersihan diri yang bisa kamu jaga dengan rutin. Misalnya potong kuku secara teratur, bersihkan telinga, dan cukur rambut di area yang berpotensi menyebabkan bau badan. Jangan sampai bau badanmu mengganggu orang di sekitar dan jadi bahan omongan, guys!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dan Dapat Membuatmu Bau Badan

Sebenarnya, badanmu tidak serta-merta mengeluarkan bau yang tidak sedap jika tidak ada pemicunya. Bau badan manusia sejatinya merupakan hal yang lumrah.

Namun, seseorang akan mengeluarkan bau badan yang sangat tidak sedap jika melakukan hal-hal berikut:

1. Tidak Mandi Setelah Berolahraga atau Beraktivitas

Kesalahan paling umum yang sering dilakukan seseorang adalah tidak mandi setelah beraktivitas atau berolahraga. Alasannya, keseringan karena badan terlalu lelah.

Padahal, mandi setelah berolahraga sangat penting untuk menghilangkan keringat dan bakteri penyebab bau badan. Jadi, ingat untuk selalu mandi setelah beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga, ya!

2. Memakai Pakaian yang Sama Berulang Kali

Menggunakan pakaian yang sama tanpa dicuci akan menyebabkan penumpukan bakteri dan membuat bau badan semakin parah.

Baju bekas olahraga yang nggak dicuci itu sarang bakteri. Jangan males nyuci baju, nanti bau badan kamu bikin lawan kalah duluan!

3. Menggunakan Parfum Berlebihan

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan adalah menyemprot parfum jika merasa bau badan. Padahal, parfum hanya membuat badanmu justru semakin mengeluarkan bau yang tidak sedap jika digunakan secara berlebihan.

Perpaduan antara aroma tubuh alami dan parfum yang tidak sesuai dapat menghasilkan bau yang menyengat dan tidak sedap. Untuk mengatasinya, alih-alih memakai parfum, gunakanlah deodorant atau antiprespirant sebelum berkegiatan atau berolahraga.

Nah, jika kamu ingin memakai parfum ketika akan beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga, gunakan lah parfum yang beraroma segar. Seperti wewangian teh jasmine, bunga-bunga, atau justru aroma powdery.

Sekarang, sudah tahu, kan, apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi bau badan? Jangan sampai bau badanmu mengganggu orang sekitar dan bikin kamu jadi viral, ya!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY