ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pesan Trada of Smam untuk Penonton Tersampaikan Lewat Penampilan Memukaunya

DBL Dance Competition Surabaya 2024 berhasil jadi ajang ekspresi dari Trada of Smam -tim dance SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Mereka sukses bawakan konsep yang unik di laga pada 21 Agustus 2024 yang mempertemukan sekolahnya melawan SMAN 1 Waru Sidoarjo.

Ramainya DBL Arena tak menyurutkan niat kami untuk mengulik konsep penampilan tim tari asal Gresik ini. Segera seusai Trada of Smam tampil, kami mengajak Archita Fairuz Chalisah, sang kapten untuk melipir ke atrium arena.

“Berdua ya Kak.” Entah mengapa setiap kami ingin melakukan sesi wawancara dengan personel tim dance, mereka selalu ingin bersama rekannya. Tak sekali dua kali. Sering.

Akhirnya, gadis yang akrab dipanggil Chita ini memutuskan untuk pergi (wawancara) sendirian. Lantas Chita mulai membagikan ceritanya bersama Trada of Smam.

Ia berkata, Trada of Smam sebenarnya adalah ekstrakulikuler (ekskul) tari tradisional. Maka dari itu, ia dan timnya mengusung konsep “Modern to Roots.” Konsep ini mengartikan kita harus tetap melestarikan budaya lokal yang mulai kehilangan ‘akar’ di masyarakat.

“Awal intro-nya kan tentang tren TikTok gitu Kak, tapi lama-lama kalau dicermati akan mengakar (kembali) ke tari-tari tradisional. Sesuai tema, kita pengen masyarakat tidak melupakan budaya tradisional mereka,” ujar gadis Pisces itu.

Sempat dikira akan menampilkan tari Saman, Chita tertawa. Ia sudah menyangka akan ada anggapan seperti itu.

“Hahaha, mirip ya,” ujarnya sambil tertawa.

Tapi ada detail yang cukup menarik dari kostum Trada of Smam. Jika penonton mencermati, hanya dalam waktu sepersekian detik, mereka sudah berganti kostum. Dari yang semula menggunakan atasan merah, berganti jadi batik.

“Pas bagian ‘nungguin ya,’ itu kita tarik bagian sini, baru kita juga ganti koreo ke tarian tradisional,” katanya seraya menunjuk bagian yang perlu ditarik.

Pesan dari penampilan Trada of Smam tetap tersampaikan meski tim basket sekolahnya harus menelan kekalahan dari putra Smantaru -SMAN 1 Waru Sidoarjo- dengan skor akhir tipis 26-34. Yuk, lestarikan budaya tradisional kita!

Baca Juga:Mapradale: Egois Hanya akan Membawa Perpecahan!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY