Bukan hanya tim-tim basket saja yang bersaing di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera. Puluhan tim dance juga turut berkompetisi dalam ajang DBL Dance Competition 2024 West Sumatera. Mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam hal kreativitas, koreografi, kostum, sampai cerita menginspirasi. 

Pada Minggu, 18 Agustus 2024, terdapat empat tim dance lucu yang nggak mau ketinggalan buat unjuk diri. Mereka sukses mengemas tema 'Move Up' yang ditentukan dalam ajang DBL Dance Competition 2024. 

Tema Move Up sendiri diusung oleh DBL Dance Competition untuk mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk bergerak maju, mengembangkan karya, dan meningkatkan pencapaian dalam berbagai bidang, baik besar maupun kecil.

1. SMAN 4 Padang

Tim dance SMAN 4 Padang selalu punya konsep lucu. Dalam penampilan DBL Dance Competition 2024 West Sumatera, skuad dance SMAN 4 Padang mengemas tema Move Up dengan membawa isu-isu perempuan. Salah satunya yang sering digaungkan oleh Gen Z akhir-akhir ini yaitu fenomena patriarki. 

"Terkadang di lingkungan sosial kaum tertentu suka menganggap remeh, merendahkan  tidak tidak menghargai dan meragukan wanita, jadi cerita itulah yang ingin kami bawa hari ini," kata Shahiraz Aquila Saat, leader dance dari SMAN 4 Padang. 

Untuk itu, tim dance SMAN 4 Padang memberikan judul atas penampilannya hari ini, Hey Ladies. Koreografi dari dance SMAN 4 Padang juga menggambarkan betapa bahagianya menjadi seorang wanita. Apalagi, jika memiliki lingkungan saling mendukung dan kompak satu sama lain. 

Baca Juga: 6 Tim DBL Dance Competition West Sumatera Bagikan Penampilan Inspiratif!

Tak cukup sampai di sana, skuad dance SMAN 4 Padang juga memberikan sedikit drama mengenai putus cinta. Di mana ada seorang wanita yang ditinggalkan tanpa alasan oleh mantan pacarnya. "Jadi kami ingin menyebarkan awareness di mana tidak boleh salah satu gender berperilaku semena-mena terhadap yang lain," terang Aquila. 

Dari sana lah muncul pemikiran Move Up, di mana setiap wanita harus juga mencintai dirinya sendiri. Serta tetap semangat dalam berkarya. 

2. SMAN 10 Padang

Kalau skuad SMAN 4 Padang membawakan tema soal perempuan, lain halnya dengan Sparkle Ten Dance Crew. Tim dance asal SMAN 10 Padang tersebut membawakan konsep bullying untuk DBL Dance Competition 2024 West Sumatera. Tujuan dari Sparkle Ten sendiri begitu mulia. Selain meningkatkan kesadaran sosial, mereka juga ingin menggunakan seni sebagai media edukasi.

"Dance adalah bentuk ekspresi yang kuat dan universal. Melalui gerakan dan koreografi, kami dapat menyampaikan cerita dan emosi yang terkait dengan pengalaman bully. Ini tidak hanya mengedukasi penonton tentang dampaknya, tetapi juga memberikan perspektif yang lebih dalam tentang betapa menyakitkannya pengalaman ini," kata Syfa Nisa Azhara. 

Baca Juga: Deretan Tim Dance Berkonsep Unik yang Sukses Guncang DBL Padang, Ada Favoritmu?

3. MAN 2 Padang

Sementara itu, MAN 2 Padang membawakan drama dance mengenai keterpurukan remaja. Yang membutuhkan gerakan 'Move Up' untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut sesuai dengan tema DBL Dance Competition 2024 tahun ini. 

"Setelah kesedian dilanjutkan dengan gerakan dance yang semangat, itu melambangkan kebangkitan tersebut, dan di khiri dengan musik tradisional dari musik daerah Minangkabau yang mana melambangkan betapa pentingnya budaya Minangkabau kita ini," kata Muhammad Rafiqul Najib, perwakilan dance dari MAN 2 Padang. 

4. MA Ar Risalah Padang

Terakhir dan tak kalah unik, tim dance Mapia -sebutan untuk MA Ar Risalah Padang- sukses memukau penonton dengan gaya retro khas street dance. Tampil dengan anggota semua pria, skuad dance Mapia membawakan dance hip hop dengan kostum bertopeng.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Fixed! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team Putri West Nusa Tenggara 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!