Butuh lebih dari empat jam perjalanan bagi tim putra SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh untuk mengikuti Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera, yang diselenggarakan di GOR Prayoga, Padang. Mereka harus menempuh jarak lebih dari 150 Km melewati Bukittinggi hingga Padang Panjang.

Namun, perjalanan jauh tersebut berbuah manis bagi skuad putra SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh. Dalam laga perdananya, Jumat, 16 Agustus 2024, Prince -julukan sekolah tersebut- menang perdana saat berhadapan dengan SMA Kartika 1-5 Padang. Prince berhasil mengalahkan Kartika dengan skor akhir 28-16.

Adalah Abdullah Yusuf Dipoalam, yang sukses mencetak 17 poin untuk Prince. Dipo -panggilannya- memang mempersiapkan diri cukup baik di musim ini. Hal itu ia lakukan setelah mengetahui jatuh-bangun skuad Prince dalam melakukan pendaftaran DBL West Sumatera 2024. 

"Karena kita lokasinya jauh dari tempat bertanding, perizinan tentunya cukup menantang, tetapi kepala sekolah tentunya percaya dengan kami, jadi kami tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan tersebut, kami akan berusaha semaksimal mungkin," kata Dipo. 

Baca Juga: Jersey Pinjaman Pelatih Hingga Doa Orang Tua Warnai Kemenangan SMAN 13 Padang

Selain lokasi, Dipo dan skuad Prince punya cobaan banyak lainnya. Termasuk jadwal sekolah yang padat, pelatih yang harus pergi untuk pemusatan latihan di Jakarta, hingga kendala internal di dalam tim. 

"Sebulan sebelum DBL kami sudah mulai latihan cukup konsisten, sampai melakukan penguatan rutin, tetapi ada banyak sekali tantangan di tengah jalan, jadi intensitas latihannya perlahan berkurang sebelum tanding, tapi Alhamdulillah, semua terselesaikan dengan baik," terang Dipo. 

Totalitas yang dilakukan skuad Prince tak lain karena memandang kompetisi DBL sebagai liga pelajar yang bergengsi. Terlebih, DBL memiliki program pemusatan latihan pelajar terbesar, yakni DBL Camp setiap tahunnya. Nantinya, putra-putri terbaik dari DBL Camp akan dipilih kembali menjadi skuad DBL Indonesia All-Star untuk berangkat ke Amerika Serikat. 

Baca Juga: Smakar Dance Academy Terinspirasi Kisah Nyata dari Penari Asal Sumatera Utara

"Soalnya DBL selalu disorot oleh media, DBL juga telah banyak melahirkan banyak atlet profesional. Lalu ada juga DBL Camp di mana kita bisa mempelajari ilmu dan mendapatkan pengalaman baru," kata Dipo. 

Meskipun mendalami basket sejak SMP, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera merupakan debut 5on5 bagi Dipo. Di musim sebelumnya, ia hanya mengikuti pertandingan 3X3. "Baru menekuni setelah kelas 10 akhir, dan baru kesempatan ikut yang 5on5 kali ini, semoga saya dan Prince bisa menyelesaikan laga-laga sejalnjutnya dengan baik," jelas Dipo.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga