Musim yang sulit. Barisan srikandi SMAN 5 Surabaya (Smala) kehilangan begitu banyak amunisinya sedari musim lalu. Hal itu, membuat mereka berusaha keras melengkapi roster-nya untuk berpartisipasi di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Tidak mudah memang. Pun Herwandhie, nahkoda putri Smala mengakuinya. Dalam kurun waktu terbilang singkat, pelatih berusia 42 tahun tersebut harus mencari bibit pemain sembari membentuknya menjadi tim yang padu.

Finalnya, Smala kedatangan sembilan pemain anyar atau rookie, nyaris 80 persen dari keseluruhan pemain. Hebatnya, Smala tetap pulang dengan kemenangan, setelah menuntaskan laga perdananya atas SMAN 21 Surabaya dengan skor 20-7, Jumat, 16 Agustus 2024. 

“Untungnya, kita sudah bertemu lebih awal dengan beberapa pemain baru. Karena ada beberapa indikator dari jalur prestasi, dan ada beberapa yang memang kita sudah tahu dari awal kalau mereka akan masuk ke Smala. Makanya kita bisa nyolong start latihan, tapi tetap saja waktunya singkat,” buka coach Herwandhie.

“Sebenarnya gak ada beban, terkendalanya mungkin menyatukan chemistry saja, memang cukup sulit. Mau bicara tentang pertandingan juga belum maksimal, masih ada beberapa strategi offense dan defense yang belum jalan,” imbuh sosok yang musim lalu menjabat sebagai asisten pelatih Smala itu.

Baca Juga: Hasil DBL Surabaya: Vita Melesat, Comeback Stanislaus Tak Mulus

Salah satu cara yang dilakukan coach Herwandhie adalah merapatkan materi. Demi bertanding di DBL East Java-North 2024, demi membanggakan nama almamater, begitu banyak perjuangan yang sudah dilakukan.

“Kita latihan setiap hari. Tidak ada kata rehat, hanya membagi materi saja, agar Sabtu dan Minggu tidak full latihan teknik, tapi juga diimbangi fisik,” jelasnya. “Sejauh ini, masih 40 persen kemampuan mereka yang ke luar. Belum ada 50 persen. Ya, mungkin juga terbantu karena kondisi lawan yang sepadan,” sambungnya.


Potret aksi SMAN 5 Surabaya (Smala) di DBL Arena Surabaya

Mengincar Round 2. Meski barisan anak didiknya masih anyar, coach Herwandhie optimistis amankan satu kemenangan lagi. Ke depannya, mereka harus berjumpa dengan SMA Santa Agnes Surabaya, sebelum akhirnya tegak di puncak klasemen dan mengantongi tiket ke babak selanjutnya.

“Beruntung, kita sempat sparing sama mereka (SMA Santa Agnes Surabaya). Setidaknya, kita sudah tahu kekuatannya, dan tahu bagaimana cara mengatasi pergerakan mereka. Memang bakal lebih berat, cuma saya harap, ke depannya mereka sudah tahu kondisi dan lebih enjoy mainnya,” tutup pelatih asli Surabaya ini.

Baca Juga: Tarian Terakhir Vania Bersama Smala Dance Crew: Semoga Champion!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 30 kota dan 222 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil SMAN 5 Surabaya bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara