Tim putra SMAN 15 Surabaya berhasil membuktikan keunggulannya pada laga perdana di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Pasukan yang lekat dengan julukan XVB itu sukses menaklukkan SMA Santo Stanislaus dengan skor mencolok 24-5. 

Poin demi poin dihasilkan sepanjang match, menunjukkan dominasi tim putra Libels -julukan lain SMAN 15- di lapangan. Sejak tepis mula, anak-anak SMAN 15 menyuguhkan pemainan yang mendominasi.

Permainan apik anak-anak SMAN 15 Surabaya ini juga tak lepas dari sosok Farhad Sab, sang nakhoda tim.

Meski terbilang baru di Libes, tapi wajahnya tampak tidak asing di ajang kompetisi bergengsi ini.

Yup, sebelumnya pria dengan sapaan Farhad itu dikenal sebagai asisten pelatih tim basket SMA Frateran Surabaya. Pengalamannya tentu tidak bisa dipandang sebelah mata dengan mengantongi lisensi pelatih A, tingkat tertinggi dalam kepelatihan. 

Ketika ditemui tim DBL.id, Farhad baru saja merampungkan briefing usai pertandingan. Sosoknya terlihat tegas, tetapi santai. “Duduk aja ya interview-nya,” itulah kalimat pertama yang dikatakannya. Mengajak DBL.id ngobrol santai.

Pria berperawakan 195 sentimeter itu banyak menceritakan awal mulanya bergabung dengan tim XVB.

Ternyata, tidak ada alasan khusus di balik keputusan menakhodai Libels musim ini. Namun, satu hal yang pasti adalah bahwa ia telah lama mengamati permainan tim ini sejak masih menjadi bagian dari SMA Frateran Surabaya.

“Aku juga lihat Libels (SMAN 15 Surabaya) bagus. Secara pemain, ya oke juga. Terus, aku lihat anak-anaknya bukan pemain yang jago banget, tapi aku appreciate kemauan mereka buat belajar,” tuturnya. 

Baca juga: Nggak Cuman Marah-Marah, Ternyata Ini Kiat Melatih ala Coach Risto!

Mengasuh tim baru tentu ada tantangan yang dirasakan. Perbedaan semakin jelas terasa mengingat kedua sekolah memiliki status yang berbeda. 

“Mungkin dari materi, kalo di sekolah swasta udah banyak yang basic-nya lumayan karena banyak yang ikut klub. Sedangkan di negeri, khususnya di lima belas yang punya basic ikut klub hampir nggak ada,” ungkap Farhad. 

Meski begitu, Farhad melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki skuad Libes. Baginya, sikap kritis yang dimiliki siswa SMA saat ini membantunya untuk menentukan pendekatan yang digunakan selama melatih pasukan ini.

“Mereka harus dijelasin kenapanya dulu. Jadi, mereka ngelakuin nggak asal. Basic dasar ini buat menunjukkan visi dan misi kita sama,” ucap pria yang tahun ini berusia 28 tahun. 

Ketika ditanya tentang lisensi yang dimilikinya, Farhad memilih untuk merendah. Menurutnya, lisensi kepelatihan tidak berhubungan secara langsung dengan status asisten yang diembannya sejak lama. 

Sebaliknya, ia melihat masa-masa sebagai asisten pelatih sebagai kesempatan berharga untuk terus belajar. Lagipula, menurut Farhad, perbedaan antara asisten dan pelatih tidak jauh berbeda. 

“Saya jadi assistant coach di Frateran karena ngelihat masih ada pelatih yang bisa dibuat guru. Kayake lebih penting cari ilmunya daripada lisensinya. As a coach, yang penting ngelatih aja,” kata Farhad. 

Menanggapi target di tahun pertamanya melatih, Farhad hanya ingin tim XVB mampu menampilkan aksi terbaik di Honda DBL 2024 East Java-North. Ia berharap anak-anak didiknya setidaknya bisa lolos Round 1.

“Untuk Round 1, lihat dulu satu grup sama siapa aja. Seenggaknya yang saya mau point out ke anak-anak adalah kita mau menang 100 atau cuma 5 poin, menang ya menang,” pungkasnya.

Baca juga: Xavier Rafael Risakotta, Penggawa SMAN 17 Surabaya yang Jago Karate Loh!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

(Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga