ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Penampilan Aliqa Quinsha Dinata saat membela SMAN 2 Surabaya menghadapi SMAN 12 Surabaya

Tidak mudah bagi seorang siswa kelas 10 menjalani debutnya bertanding di kompetisi basket selevel DBL. Bersama sekolah yang selalu didukung ratusan suporternya. Bahkan kalau dijumlah dengan alumninya yang kerap nribun, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Masih ditambah lagi, anak kelas 10 itu bermain di hadapan keluarganya. Di tengah salah satu anggota keluarga yang sedang nonton itu sedang berulang tahun.

Ya, itulah yang dirasakan Aliqa Quinsha Dinata. Siswi kelas 10 dari SMAN 2 Surabaya.

Raut muka tegang begitu terlihat ketika roster Smada -julukan SMAN 2 Surabaya- dipanggil masuk lapangan, Senin, 12 Agustus 2024.

Tatapan nanar Liqa, begitu ia bisa disapa, kadang melihat ke arah tribun Smada yang sudah dipenuhi ratusan suporter berbaju kuning-kuning. Sesekali ia juga menatap ke tribun VIP. Di situ ada keluarganya lengkap. Termasuk kakek dan neneknya. Kebetulan neneknya, Nafsiah Sabri, sedang merayakan ulang tahun ke-70.

Namun Liqa berhasil mengatasi ketegangan itu. Ia berhasil bermain lepas. Liqa yang mendapatkan kesempatan bermain 23 menit berhasil menyumbang 7 poin untuk kemenangan SMAN 2 Surabaya atas SMAN 12 Surabaya, 47-2.

Lega! Itulah yang dirasankan Liqa begitu buzzer tanda pertandingan berakhir berbunyi.

Ia bahagia, debutnya sebagai student athlete di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North bisa disebut berhasil dilakukannya dengan baik.

Sejatinya, Liqa tak asing dengan kompetisi DBL. 

Liqa merupakan alumnus Junior DBL. Ia pernah menjadi penggawa SMPN 22 Surabaya. Saat itu Aliqa Quinsha Dinata bahkan bermain bersama saudara kembarnya, seorang cowok bernama Aqila Radja Dinata.

Sedari kecil, Liqa dan Qila -sapaan Aqila Radja Dinata- memang sama-sama menunjukkan minatnya di basket. Bersama tim putri SMAN 22, Liqa berhasil membawa mantan sekolahnya mencapai babak Fantastic Four di Junior DBL musim 2023-2024.

“Jujur deg-degan. Untung aku bisa nenangin diri dan fokus,” kata pemain dengan nomor jersey 18 ini. "Dalam hati tadi aku menguatkan diri bahwa yang penting main bagus biar nenek dan keluargaku bisa bangga," tutur putri dari pasangan Tatang Martha Dinata dan Isna Fitriana itu.

Sejak sebelum main, Liqa memang sudah memantapkan diri ingin memberikan hadiah terindah untuk ulang tahun nenek tercinta, Nafsiah Sabri.

Liqa mengaku melakukan persiapan khusus untuk bisa tampil optimal di debutnya di DBL. Ia fokus membenahi hal yang selama ini menjadi kelemahannya.

“Aku fokus latihannya di stamina. Karena kelemahanku di stamina,” ungkap Aliqa. Meski begitu, gadis berzodiak Cancer ini ingin kompetisi DBL bisa menjadi tempat pembenahan setiap kelemahannya.

Sebelum bertanding, Liqa juga sempat menemui sang nenek. Ia meminta doa dari nenek. Juga restu keluarga besarnya.

Oleh karena itu, Liqa begitu terlihat bahagia setelah pertandingan. Ia bisa turut menyumbang kemenangan perdana untuk timnya. Tepat di laga debutnya.

Kebahagiaan itu makin lengkap karena ia bisa turut merayakan ulang tahun neneknya di DBL Arena.

Arek Smada -julukan suporter SMAN 2 Surabaya- memang langsung menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" dari Jamrud begitu tahu anak bagian dari keluarga Smada yang berulang tahun dan sedang nonton pertandingan.

Momen hangat pun seketika terasa ketika satu persatu pemain SMAN 2 Surabaya dan SMAN 12 Surabaya mendekat dan menyalami Nafsiah Sabri dan keluarga. Turut hadir pula Dahlan Iskan (suami Nafsiah Sabri), serta Azrul Ananda-Ivo Ananda (om dan tante dari Liqa).

"Sehat selama-lamanya..." penggalan akhir lirik lagu tersebut seolah menyiratkan doa bagi Nafsiah Sabri agar diberi kesehatan dan keberkahan di usia barunya.


Dari kiri ke kanan: Dahlan Iskan, Nafsiah Sabri (kakek dan Nenek Liqa), Tatang Martha Dinata (ayah Liqa), Aqila Radja Dinata (kembaran Liqa), dan Andretti Amidala Ananda (sepupu Liqa).

Liqa sendiri mengutarakan pada DBL.id bahwa ia punya satu mimpi lagi yang ingin diwujudkan di DBL. Ia ingin di musim perdananya bisa bermain optimal sehingga bisa menembus First Team. Sebab ia ingin merasakan atmosfer DBL Camp.

“Dari kecil sejak kenal basket, aku pengen bisa menembus DBL Camp,” ujar pemain yang berposisi sebagai guard itu.

Perjalanan Aliqa bersama Srikandi Smada layak dinanti. Akankah perjuangan mereka berakhir manis? Simak terus perjalanan tim basket putri SMAN 2 Surabaya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Baca Juga: Banyak yang Baru di Skuad Putri Smada Surabaya!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY