Tim dance SMAN 1 Pacet Mojokerto (Smansapa) tampil mengagumkan dalam DBL Dance Competition 2024 di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North, Minggu, 11 Agustus 2024. G-Sable -julukan tim dance dari Smansapa- mengangkat konsep yang terinspirasi oleh sejarah mereka terbentuk dan pencarian jati diri masing-masing membernya. 

G-Sable membuka penampilan dengan memamerkan kostum gemerlap serba biru. Tak lama, lagu Lovely yang dipopulerkan oleh Billie Eilish dan Khalid diputar. Lagu tersebut memang menggambarkan perjuangan seseorang untuk diterima dan melawan sikap insecure-nya. Mirip seperti yang dihadapi oleh G-Sable. 

"Kita selalu nggak percaya diri, apalagi kalau masa-masa persiapan untuk mengikuti perlombaan itu insecure sama koreografi yang sudah dibikin, terus kadang juga minder melihat tim-tim lain," kata Ayufatma Ajeng Nirmala dari SMAN 1 Pacet Mojokerto. 

Namun, G-Sable selalu punya cara untuk meningkatkan kepercayaan diri para membernya. Saling support, evaluasi, latihan rutin, bahkan curhat-curhatan pun dilakukan agar makin kompak. Ajeng -panggilan dari Ayufatma Ajeng Nirmala- sudah tiga tahun belakang tampil di DBL Dance Competition. Sehingga, ia memahami betul seluk beluk perjuangan G-Sable. 

Baca Juga: Sulit Cari Pemain, Smeas Jadikan DBL Sebagai Ajang Promosi

"Sekarang kita sudah jauh lebih baik dari sebelumnya sejalan dengan konsep Move Up yang semakin lebih baik ke depannya. Kita sudah percaya diri terus. Melihat tim lain itu sekarang kita menjadikannya sebagai insipirasi," lanjut Ajeng. 

Kekompakkan G-Sable kini membuahkan perubahan besar terhadap ekstrakurikuler dance di sekolahnya. Dance kini sudah dijadikan ekstrakurikuler mandiri, yang punya jadwal berlatih rutin.

Sebenarnya, sejak 2018 Smansapa punya tim dance untuk mendampingi tim basketnya di DBL. Hanya saja belum ada keseriusan untuk menggarap ekstrakurikuler dance saat itu. Pengampu dance sekolah pernah mengajukan menjadi ekstrakurikuler mandiri. Namun tidak langsung disetujui. Menurut Ajeng nama G-Sable bahkan baru dipatenkan oleh sekolah.

"G-Sable itu nama yang kita pakai dan usia namanya belum ada setahun, kalau tahun kemarin bukan ini namanya, tapi nama itu rencananya bakal dipakai terus," ungkap Ajeng. 

G-Sable sendiri diambil dari kata Sable dengan arti "Elang dari Selatan". Mengingat SMAN 1 Mojokerto memang berlokasi di ujung selatan. Memilih hewan elang dengan harapan G-Sable menjadi tim dance yang bisa terbang tinggi seperti elang.

Sementara G-Sable menampilkan cerita yang terinspirasi oleh tim dance-nya sendiri, berbeda dengan tim dance dari SMA Singapore National Academy. Mereka memamerkan cerita mengenai terinspirasi dari serial Netflix populer, Money Heist. 

Kisahnya menyoroti sebuah tim perampokan yang diberi tugas oleh seorang pemimpin bernama profesor. Mereka berencana untuk merampok sebuah peti harta karun berisikan emas. Namun, ketika harta sudah didapat, para tim perampokan yang serakah justru berebut hasil pencurian tersebut. 

Baca Juga: Presdir AHM Jepang ke DBL, Azrul Ananda: Honda dan Basket Sudah Jadi Kultur!

"Pelajaran yang bisa diambil dari kisah dance kali ini adalah kebersamaan, meskipun kita memiliki kekayaan dalam hidup, yang terpenting adalah selalu bersama-sama," tutur Keisha Angelica, salah satu member dance dari SMA Singapore National Academy. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan beragam cerita menarik dari tim-tim dance di DBL Dance Competition 2024 East Java-North, langsung saja datang ke DBL Arena Surabaya. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga