ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Aksi Husky (maskot SMAN 15 Surabaya) saat melantai di DBL Surabaya 2023

Begitu banyak elemen sekolah yang berpartisipasi pada setiap gelaran DBL Surabaya. Mulai dari tim basket, tim dance, hingga barisan suporter. Namun, ada satu elemen lain yang tak kalah hebatnya, yakni maskot.

Walau tak langsung terlibat di dalam lapangan, peranan maskot juga dibutuhkan. Selain menjadi identitas sekolah, tak jarang maskot juga berguna untuk suntikan penyemangat bagi para elemen sekolah yang sedang berkompetisi.

Peranannya di lapangan memang terlihat seperti “main-main”. Mungkin, sebagian orang menganggap bahwa maskot hanyalah karakter biasa. Namun, di balik tingkah nyeleneh kala di lapangan, tiap maskot sekolah punya ciri khas dan filosofi yang begitu dalam, loh! Berikut penjelasannya.

1. Sino dan Gandara - SMAN 1 Surabaya

Maskot SMAN 1 SurabayaDua maskot andalan SMAN 1 Surabaya atau Sijimania ini bernama Sino dan Gandara. Tak pernah absen mendukung kebanggaan. Tak terpisahkan, layaknya sepasang sepatu. 

Namun, siapa sangka? Nama Sino dan Gandaria terlahir dari sebuah singkatan, yakni Si Number Uno Gagah dan Pantang Menyerah. Mind blowing sekali bukan, ide penamaan dari Sijimania ini?

Dua maskot badak berwarna merah dan biru ini juga selalu menyimpan gebrakan yang menggemaskan. Tak heran jika Sino dan Gandara beberapa kali meraih penghargaan kategori best mascot.

2. Falcon dan Falcona - SMAN 14 Surabaya

Maskot SMAN 14 Surabaya

Duet maut Falcon dan Falcona kesayangan SMAN 14 Surabaya atau Fourteenation juga kerap hadir di DBL Surabaya. Jika banyak yang menganggap bahwa Falcon dan Falcona adalah sepasang kekasih, kalian salah!

Falcon dan Falcona adalah kakak beradik milik Fourteenation. Falcon lahir empat tahun lebih dulu dari Falcona, tepatnya pada 2015. Falcon sendiri merupakan karakter laki-laki pemberani. Sementara, Falcona adalah karakter perempuan yang lahir pada tahun 2019. 

Kakak-beradik ini akhirnya dijadikan sebagai maskot andalan Fourteenation hingga saat ini. Mereka tak pernah absen mendampingi barisan Fourteenation dalam pengawalan tim basket dan tim dance Fourteen. Utamanya saat bertanding di DBL Surabaya.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terduga Sepanjang DBL Surabaya 2023, Mana Favoritmu?

3. Husky - SMAN 15 Surabaya

Maskot SMAN 15 Surabaya

“Husky… kemari... ayo lari-lari” begitulah chant dari Gambesmania -suporter SMAN 15 Surabaya- saat maskot andalannya beraksi di lapangan. Yap, Husky menjadi salah satu maskot yang punya chant-nya sendiri, lho!

Husky adalah karakter anjing yang katanya suka banget makan burger dan pizza. Husky juga punya banyak kelebihan, salah duanya jago lari dan ngebo. Aksi dari karakter satu ini juga cukup dinantikan. Selain ramah ke penonton, Husky juga asik sekaligus usil. 

Namun, filosofi dari karakter Husky sendiri itu apa sih? Ternyata, Husky adalah simbol kesetiakawanan dan keberanian. Juga merupakan simbol dari arek-arek Gambesmania.

4. Aligator dan Albigator - SMAN 20 Surabaya

Maskot SMAN 20 Surabaya

Serupa, tapi tak sama. SMAN 20 Surabaya punya ciri khasnya tersendiri lewat Aligator dan Albigator. Siapa sih mereka?

Aligator adalah representasi dari sosok Gatotkaca yang menjadi simbol warga SMAN 20 Surabaya atau Twyster yang kuat dan berani. Aligator begitu kental dengan ciri khasnya. Yang mana selalu menggunakan kostum yang selayaknya karakter Gatotkaca.

Kemudian, lahirlah maskot baru bernama Albigator. Sekilas pandang, Albigator memang terlihat lebih modern. Buaya putih yang kekinian dan identik dengan kostum nyentriknya. Kalau bicara tingkah mereka, pastinya gak kalah heboh dari maskot lainnya.

Baca Juga: Ada yang Baru di DBL Surabaya 2024!

5. Octodis - SMAN 10 Surabaya

Maskot SMAN 10 Surabaya

Sesuai dengan namanya. Octodis merupakan sebuah pecahan dari kata Octopus dan Dis. Jika diterjemahkan, Octopus adalah hewan gurita. Sebagaimana Octodis memang direpresentasikan dalam bentuk gurita yang menjadi simbol dari SMAN 10 Surabaya.

Sedangkan, pecahan kata Dis mengacu terjemahan angka 10 dalam bahasa Romawi. Gurita berwarna coklat itu selalu hadir dengan topi bajak laut andalan, serta pirate hook di tangannya. 

Sama seperti maskot lainnya, Octodis juga tak pernah absen mengelilingi tribun DBL Arena kala Tentacles -sebutan suporter SMAN 10 Surabaya- mendampingi tim basket SMAN 10 Surabaya bertanding. 

Sudah siap dengan aksi lucu dan gebrakan para maskot di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North? Langsung merapat ke DBL Arena pada 8 Agustus sampai 11 Oktober 2024 dan dukung tim jagoanmu bertanding. 

Baca Juga: Kisah Tiga Debutan di DBL Surabaya 2023

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY