Jika bicara soal DBL Surabaya memang bukan hanya soal pertandingan basket dan kompetisi dance. Melainkan, DBL Surabaya juga menjadi hak milik para suporter.

Kala DBL Surabaya berjalan, DBL Arena hampir tak pernah sepi pengunjung. Sekalipun bergulir nyaris dua bulan lamanya.

Pengunjung datang silih berganti. Sejak pagi, hingga petang, semangat dari para suporter terus berkobar. Seolah-olah mereka sedang menyalurkan energi kepada para “pahlawan” sekolah yang sedang berlaga.

Benar-benar tak pernah padam. Tak sekadar hadir untuk menyanyikan chant, mereka juga sedang adu gengsi dan berkompetisi. 

Pamer koreo sudah menjadi hal yang lumrah di panggung DBL Arena. Bahkan selalu dinanti-nantikan. Sebelum menginjak musim baru, berikut rangkuman 5 koreografi terbaik di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region.

1. Koreo 3D Negatif Art - Arek Smada

Gebrakan yang sangat mahal hadir dari tubuh Arek Smada -sebutan suporter SMAN 2 Surabaya. Inovasi dan kreativitas yang mereka bawakan di setiap pertandingan selalu mencuri perhatian.

Selain tak pernah sepi pendukung, Arek Smada juga tak pernah kehabisan ide. Musim lalu, mereka berhasil membuat para penonton terkesima lewat koreo negatif foto yang diboyongnya ke DBL Arena.

Awalnya terlihat biasa saja. Mungkin tampak seperti koreo 3D pada umumnya. Namun, coba perhatikan lebih jelas dengan efek negatif di kamera ponsel “Arek Smada harus berani berinovasi sih. Kita itu gak boleh cuman suporter saja. Harus ada seninya,” ucap Rafi Sakti, capo Arek Smada.

“Banyak kendala sebenarnya, apalagi kan ini hal baru, membawakan koreo negatif art. Sempat salah waktu mengecat. Tapi, gak masalah karena kan itu proses kita untuk memberikan yang terbaik buat SMAN 2 Surabaya,” tandasnya.

Baca Juga: Arek Smada Terus Berinovasi, Koreonya Penuh Arti!

2. Naga 4D - Sixteenagers

Tiada musim tanpa gebrakan baru. Begitulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan loyalitas dan kreativitas para pendukung SMAN 16 Surabaya atau lebih dikenal dengan Sixteenagers.

Sixteenagers berhasil menjadi salah satu barisan suporter yang paling dinantikan. Musim lalu, momennya pas. Di saat skuad putra-putri mereka bertanding, sebanyak 1000 massa hadir memadati tribun DBL Arena.

Bukan lagi koreo 3D yang hadir di tengah-tengah mereka. Melainkan koreo 4D berbentuk naga yang mereka pilih. 

"Total selama satu bulan pembuatannya, karena bentuknya besar. Lalu mengenai hewan naga tersebut sebenarnya tak ada makna khusus sih. Lebih karena ini sebuah karya seni dari kami arek-arek Sixteenagers," ucap Hafid Fajar, tim kreatif Sixteenagers.

Baca Juga: Ragam Koreografi Sixteenagers, Bawa Koran Bekas Hingga Naga!

3. Gorrilaz 4D - Thirteen Rangers

Thirteen Rangers atau barisan pendukung SMAN 13 Surabaya ini memang begitu identik dengan Gorila. Yap, hewan satu ini memang sudah menjadi identitas mereka.

Itulah mengapa koreo 4D atau patung berbentuk Gorila sempat hadir bersamaan dengan barisan Thirteen Rangers ketika tim basketnya berlaga. Koreo ini merupakan koreo 4D pertama yang melantai di DBL Surabaya 2024.

Butuh waktu kurang lebih satu bulan bagi mereka untuk memberikan aksi istimewa. Juga dikawal oleh ratusan Thirteen Rangers yang turut meluangkan waktunya demi tim basket tercinta.

“Total persiapan untuk seluruh koreografi kita, memakan waktu sekitar sebulan lebih ya. Khususnya untuk Gorillaz (maskot SMAN 13 Surabaya) itu yang membutuhkan waktu lebih lama dan harus fokus, karena itu yang paling sulit,” ujar Wahyu Sributomo, capo Thirteen Rangers.

Baca Juga: Koreo 4D Pertama Musim Ini, Thirteen Bawa Gorilla ke DBL Arena

4. Koreo Megah One Piece - Nineteen Mania

Mengemban predikat Supporter of the Year tentu saja menyimpan beban tersendiri bagi sekumpulan pendukung SMAN 19 Surabaya (Nineteen Mania). Meski demikian, mereka kembali tampil memukau di DBL Surabaya 2023.

Kejutan demi kejutan berhasil mereka sajikan. Pada salah satu kesempatan, Nineteen Mania hadir membentangkan koreo megah bertemakan One Piece. Bertepatan pula dengan hari besar sekolah mereka. Yap, ulang tahun ke-35 untuk SMAN 19 Surabaya.

Di sisi kanan kiri, juga terbentang kain panjang berwarna biru. Seolah-olah tribun DBL Arena disulap menjadi lautan biru yang juga warna identitas dari Nineteen Mania.

"Nribun itu sudah menjadi panggilan hati bagi anak-anak Nineteen. Kami menganggap nribun itu sebuah refreshing di saat suntuk banyak tugas. Nineteen Mania selalu solid untuk mendukung basket kebanggaan," ujar Jagad Satrio, koordinator Nineteen Mania.

Baca Juga: Rayakan 'Gear 5' Luffy One Piece di Tribun DBL

5. Leak - Smeas Mania

Baru musim perdana melantai di DBL Surabaya 2023 bukan penghalang bagi SMKN 1 Surabaya untuk bebas berkreativitas. Selain meramaikan bangku tribun, Smeas Mania -suporter SMKN 1 Surabaya- juga membentangkan koreo miliknya.

Smeas Mania menghadirkan Leak pada laga terakhirnya kala itu. Meski awalnya tampak dalam bentuk 3D, koreonya seakan-akan hidup. Lidahnya tampak menjulur, bergerak ke sana kemari. Itulah keistimewaan dari kreativitas Smeas Mania di musim perdananya. 

"Kita sampai beberapa hari dan kemarin gak pulang buat ngerjain koreonya seru sih bagian itu (lidah Leak)," ucap Dio, tim kreatif Smeas Mania, juga siswa jurusan DKV ini.

Baca Juga: Smeas Mania Panggil Leak ke DBL Arena!

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Kawal Beda Sekolah, Loren dan Yohanes Justru Kompak di Luar Lapangan! Ada Apa?