Mau Jadi MVP di DBL? Ikuti 3 Tips Ini!

| Penulis : 

Gelar Most Valuable Player (MVP) atau pemain terbaik di kompetisi DBL adalah suatu pencapaian tertinggi bagi seorang student athlete. Dibutuhkan kombinasi ketangkasan, pengambilan keputusan, dan visi yang baik dalam bermain basket untuk mendapatkan titel bergengsi ini.

Tidak jarang pula banyak student athlete yang harus berjuang ekstra demi menggapai gelar pemain terbaik. Sebab, tidak mudah untuk membuktikan bahwa mereka layak menyandang gelar itu di tengah persaingan sengit di DBL.

Baca juga: Mau Ikut DBL Pasca Cedera Lutut? Wajib Lakukan Latihan Ini!

Disiplin, komitmen, dan kerja keras adalah hal penting yang harus dilakukan oleh student athlete untuk menjadi MVP. Di samping itu, faktor-faktor lain juga memengaruhi performa dan penilaian ketika berada di lapangan.

Untuk menyambut DBL musim baru ini, tentu student athlete harus bersiap dengan maksimal jika ingin menjadi MVP. Berikut tips yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi MVP di DBL!

Latih dan Kuasai Fundamental

Fundamental jadi fondasi paling penting dalam olahraga bola basket. Bagaimana pemain bisa melantunkan (dribble) bola, menembak, mengoper, sampai ke menerima bola. Tapi, kamu tentu nggak bisa langsung jago ketika hanya berlatih sesekali saja.

Baca juga: Abas Wajib Tahu! Ini 3 Tips dari Michael Lake untuk Latih Fundamental Basket

Untuk menguasai fundamental ini, kamu harus berlatih berulang-ulang, terus menerus, dan rutin. Bersamaan dengan kamu berlatih dalam tim, semuanya dilakukan secara paralel dan berulang-ulang. Stephen Curry misalnya, nggak mungkin kan dia bisa mencapai akurasi luar biasa dalam shooting jika hanya berlatih sesekali saja?

Nah, sama halnya ketika kamu berlatih untuk bermain di DBL dan bermimpi untuk menjadi MVP. Butuh latihan ekstra dan berulang-ulang. Jangan bosan untuk melatih fundamental basketmu sampai kamu bisa mencapai hasil maksimal dan menguasainya.

Fokus dan Perbanyak Jam Terbang

Kunci lainnya ketika kamu ingin menjadi MVP DBL adalah kamu harus fokus dengan tujuanmu. Fokus dengan latihan, pengulangan, dan perbaikan-perbaikan di setiap gerakanmu. Selain itu, perbanyak pula jam terbang dalam bertanding.

Baca juga: Jackson Suwargo Bongkar Hal Penting yang Harus Dimiliki Student Athlete

Setelah kamu melatih fundamentalmu dan fokus dengan perkembangan diri, kamu bisa mengujinya dalam scrimmage game atau pertandingan lain. Dari sana, kamu bisa mengevaluasi apa saja yang harus diperbaiki, ditambah, atau bahkan dikurangi.

Makanya, jam terbang juga akan membentuk kamu menjadi pemain yang lebih baik lagi ketika bertanding.

Evaluasi

Terkadang, evaluasi kerap terlewat ketika tim kamu telah mencapai kemenangan dalam pertandingan. Padahal, sebenarnya sesi evaluasi itu penting untuk perkembangan pemain dan tim kamu, lho.

Baca juga: Healing Saat Off Season DBL dengan Ice Bathing? Perhatikan Hal Ini!

Mick Downer, asisten pelatih tim basket Adelaide 36ers sekaligus pelatih KFC DBL Camp 2023, mengatakan bahwa hal yang harus dilakukan oleh pemain dan tim basket adalah mengevaluasi kinerja mereka. Bagaimana tim bergerak menembus area lawan, sampai bagaimana tim kembali ke posisi bertahan sesudah menyerang.

Artinya, setelah kamu berlatih dan bertanding jangan dulu puas dengan hasilnya. Kamu harus mengevaluasi gerakanmu, bagaimana kamu melakukan serangan atau ketika bertahan, sampai cara apa yang kamu lakukan untuk menembus area lawan. 

Kamu bisa mengevaluasi lewat video session atau bahkan meminta pelatih untuk memberikan pendapat tentang performa kamu ketika di lapangan. Nantinya, kamu bisa belajar dari kesalahan yang kamu buat, memperbaiki kekuranganmu, sampai meningkatkan kinerjamu ketika bertanding.

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Kawal Beda Sekolah, Loren dan Yohanes Justru Kompak di Luar Lapangan! Ada Apa?