ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL with KFC 2022-2023 East Kalimantan Series akan digelar kurang dari tiga hari lagi. Tepat pada 24 Februari 2023 mendatang, seluruh tim yang berpartisipasi harus berjuang membela almamaternya di GOR Kadrie Oening, Samarinda, demi status juara.

Hal itu membuat mereka harus mempunyai modal kuat sebelum bertanding. Terpenting, soal fundamental basket. Untuk memenuhi modal utama itu, tim putra SMAN 9 Samarinda giat menjalani latihan fundamental.

Baca juga: Menuju DBL Samarinda: Smapan Habis-habisan Latihan Defense!

Disiplin latihan menjadi kunci anak-anak Tise (sebutan SMAN 9 Samarinda) meningkatkan skill mereka. "Kami latihan dengan giat dan disiplin agar bisa mendapatkan hasil yang baik," ujar Muhammad Ilham, kapten Tise.

"Kami memulai latihan dari fundamental agar lebih baik dari sebelumnya. Untuk latihan, kami tidak mengenal kata capek demi hasil yang maksimal," tambahnya.

Baca juga: Menuju DBL Samarinda: Kerja Ekstra Putri Smada Vikings untuk Balaskan 'Dendam'

Meski begitu, tidak jarang pula Ilham dkk menemukan beberapa hambatan. Di antaranya keterbatasan peralatan penunjang latihan, serta absennya beberapa pemain yang menjadi hambatan utama mereka.

Untuk mengatasi hal itu, Ilham yang dipercaya memimpin tim bertanggung jawab atas kehadiran rekannya di setiap sesi latihan. "Kami berusaha sebisa mungkin untuk membujuk mereka supaya bisa berlatih dengan full team," ujarnya.

Baca juga: Menuju DBL Samarinda: Lika-liku Putri Folks Jaga Asa Juara

"Sebab jika anggota kami banyak yang tidak hadir, maka akan susah pula membangun chemistry antarpemain. Adaptasi pemain pun juga akan semakin sulit. Makanya, setiap latihan kita selalu adakan game, sejauh ini cara itu ampuh untuk membangun chemistry di antara kami," tutur Ilham.

Peran pelatih juga menjadi satu hal penting untuk menjaga solidaritas dan disiplin pemain anak-anak Tise. Pelatih Tise, kata Ilham, punya cara sendiri ketika mendidik mereka lewat evaluasi yang diberikan seusai latihan.

Baca juga: Menuju DBL Samarinda: Smada Tingkatkan Chemistry Lewat Latihan Fisik

Bagi Ilham, catatan yang diberikan pelatih bisa mengantar tim meraih hasil manis di DBL Samarinda nanti. "Setiap tim yang kalah saat game akan mendapat hukuman dari pelatih kami," ucapnya.

"Agar kebiasaan jelek saat game tidak terbawa di pertandingan nanti. Selain itu, hukuman pun dapat menjadi tempat evaluasi tim. Kami jadi tahu apa kekurangan kami dan berusaha sebisa mungkin untuk memperbaikinya," pungkas Ilham.

Baca juga: Menuju DBL Samarinda: Ingin Champion Lagi, Smansa Gaspol Tambah Latihan

Di partai pertamanya nanti, Tise akan berhadapan dengan sang runner-up 2021 lalu. Yaitu SMA Sunodia Samarinda. Jika Tise berhasil mengalahkan Sunodia, mereka akan melawan pemenang antara putra SMAN 1 Samarinda kontra SMAN 6 Balikpapan Utara.

Honda DBL with KFC 2022-2023 sendiri digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia akan memilih student athlete berpotensi untuk diseleksi menjadi KFC Indonesia All-Star melalui KFC DBL Camp. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY