‘Fight till the end’, itulah potongan kalimat persembahan Telumania -sebutan suporter SMAN 3 Surabaya- yang menggambarkan pertandingan partai terakhir kemarin (7/9).

Pada akhir babak penyisihan, Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region menyuguhkan pertandingan antara SMAN 3 Surabaya atau Smaga melawan SMA Vita Surabaya.

Meski banyak yang jatuh sakit, 600 pasukan Telumania tetap datang dan tak membiarkan penggawanya bertanding sendiri. Kawanan berbaju hitam ini datang selepas pulang sekolah. Meski terlihat lelah, namun teriakan mereka tetap membara.

Baca Juga: Berawal "Panggil” Makhluk Mitologi Nordik, Berakhir Dihantui Sosok Misterius

Di bagian depan tribun barat DBL Arena terpampang kain hitam yang bertuliskan ‘Fight till the end’, tulisan sederhana yang mengandung harapan besar bagi kawanan Telumania.

Walau sempat pesimis tim kebanggaannya akan dipulangkan oleh sang lawan, namun tulisan itu berhasil membuktikan bahwa Smaga tetap berjuang hingga peluit buzzer berbunyi.

Alhamdulillah dikasih kemenangan. Kalau expect [bakal menang] nggak sih karena lihat lawannya SMA Vita jadi kaget banget bisa menang, kan sengit juga ini tadi, sampai habis [Telumania] suaranya,” ungkap Rizky dan Bintang, capo SMAN 3 Surabaya.

Di samping itu, Telumania juga hadir dengan koreo tiga dimensi miliknya. Adalah menggambarkan anak dengan jersey basket yang tangannya mengepal sembari mengarah ke dada kirinya. Menurut kedua capo tersebut, hal ini memiliki makna tekad kuat dan saling menghormati satu sama lain.

"Kan ini penentuan buat playoffs basket Smaga [putra], jadi kita kayak respect gitu loh. Meskipun menang-kalah harus tetep semangat," timpal mereka.

Baca Juga: Unomania “Bonceng” Ghost Rider, Casual Sleekors Keluar dari Goa Bareng Batman

Cukup banyak hambatan yang Telumania lalui sebelum melangkahkan kakinya pada pertandingan kali ini. Mulai dari persiapan minim, hingga koordinator mereka yang jatuh sakit. Tetapi, Rizky dan Bintang mengaku tetap semangat. Pasalnya mereka ingin merebut gelar Supporter of the Year (SOTY) pada musim ini.

"Harapannya buat Telumania ya semoga cepat sembuh, cepat semangat lagi, dan buat koreo-koreo yang lebih bagus dan besar lagi kedepannya. Semoga Smaga bisa lanjut ke babak selanjutnya, dan Telumania jadi juara SOTY,” ucap kedua capo dengan semringah. (*)

Populer

Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya